You are currently viewing Hebat! Mahasiswa FK UMS Raih Berbagai Kejuaraan Lomba Biologi Nasional

Hebat! Mahasiswa FK UMS Raih Berbagai Kejuaraan Lomba Biologi Nasional

ums.ac.id, PABELAN – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Moch. Tabriz Azenta mendapatkan berbagai kejuaraan biologi tingkat nasional. Selain jago lomba, Azenta juga aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas.

Menariknya pada tahun ini, mahasiswa semester 2 itu, mendapatkan medali emas Olimpiade Biologi IOS 2023(Indonesia Olympic of Science), kemudian memperoleh medali perak Olimpiade Biologi “Event Olimpiade Nusantara Sains dan Soshum yang diselenggarakan BEM Universitas Jenderal Soedirman 2023” dan mendapatkan medali perunggu Olimpiade Biologi OSSN (Olimpiade Sains Siswa Nasional) 2023.

Dia mengungkapkan, bahwa dirinya sudah sering mengikuti perlombaan di masa Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Dari situ saya punya teman-teman yang saling memberikan informasi perlombaan, baik mata pelajaran Biologi maupun Matematika,” ungkap mahasiswa FK UMS, itu Selasa, (11/7).

Menurutnya, motivasi dalam mengikuti perlombaan yaitu mencoba hal lain dan menambah value atau nilai. Sehingga tidak hanya berpikir, soal kuliah, atau nilai IPK saja, tetapi bisa melakukan kompetisi dan aktif di UKM dan Organisasi.

“Untuk menyeimbangkan akademik, prestasi dan organisasi, di atur sedemikian rupa, dan untuk kegiatan di luar akademik kami sudah menyesuaikan dengan kesibukan mahasiswa Fakulktas Kedokteran UMS sehingga Insyaa Allah tidak ada yang tabrakan jadwal,” terang Azenta.

Dalam proses perlombaan yang dilakukan, tambahnya, dilakukan secara online. Sehingga pelaksanaan lombanya dengan menggunakan aplikasi sesuai pentujuk teknis lomba.

Dekan FK UMS, Dr., dr., Flora Ramona Sigit Prakoeswa, M.Kes, Sp.KK, Dipl.STD-HIV/AIDS, FINSDV, FAADV., menyampaikan rasa syukurnya, karena mahasiswa FK UMS mampu membuktikan prestasi dan menjadi inspirasi bagi teman-temannya.

“Kita tau, Zenta beberapa kali menjuarai perlombaan dan konsisten ikut lomba, maka kami mengapresiasi dengan menginformasikan kejuaraan tersebut baik di website, Instagram, dan facebook. Selain itu dia bisa menjadi asisten dosen biologi molekuler dengan golden tiket tanpa seleksi,” papar Dekan FK UMS itu.

Menurutnya, dengan capaian prestasi yang diperoleh dapat memotivasi mahasiswa lain baik program sarjana maupun profesi kedokteran untuk sadar prestasi.

“Kami berharap, dengan diperolehnya kejuaraan ini semakin rendah hati, dan selalu ingat bahwa keberhasilan ini semata dari Allah SWT dan doa orang tua. Orang tua di sini jangan hanya diartikan orang tua yang berada di rumah, tetapi orang tua di kampus yaitu bapak-ibu dosen,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, harapan untuk mahasiswa FK UMS pada umumnya, jangan jadi mahasiswa FK yang pasif, karena masa muda itu indah untuk dinimati. Tetaplah mencoba untuk mengikuti kompetisi sesuai dengan kemampuan. Fakultas maupaun Universitas selalu mensupport mahasiswa berprestasi di bidang apapun, mau individu atau beregu sama bagusnya. (Fika/Humas)