You are currently viewing DENSIUM 6 UMS: Perkenalkan Kedokteran Gigi Komprehensif dalam Era Society 5.0

DENSIUM 6 UMS: Perkenalkan Kedokteran Gigi Komprehensif dalam Era Society 5.0

ums.ac.id, SOLO – Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta menyelenggarakan Dental Seminar ke 6 (DENSIUM 6) yang diselenggarakan di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo pada tanggal 7 dan 8 Juli 2023 yang diikuti lebih dari 450 peserta.

Ketua DENSIUM 6 UMS drg., Ikmal Hafizi, MDSc, Sp. Ort Dental., menjelaskan bahwa DENSIUM 6 merupakan kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang tahun ini merupakan tahun ke-6 untuk penyelenggaraannya dengan tema “Comprehensive Dentistry in Society 5.0” diisi oleh serangkaian kegiatan, meliputi, seminar nasional, hand-on, call for paper, call for poster, dan temu alumni.

BACA JUGA : Tampil Memukau, Robot Tari Hibur Wisudawan UMS

“Kami berharap DENSIUM ke 6 ini, memberi dampak positif bagi FKG UMS. Karena itulah, kami melibatkan alumni,” jelas drg., Ikmal.

Kedokteran gigi komprehensif, lanjutnya, dalam Society 5.0 memanfaatkan teknologi canggih untuk menyediakan perawatan gigi preventif, personal, dan mudah diakses. Dengan mengadopsi AI, robotika, teledentistry, dan pendidikan pasien, dokter gigi dapat mengoptimalkan diagnosis, perencanaan perawatan, dan pengiriman layanan kesehatan gigi, yang pada akhirnya meningkatkan hasil kesehatan gigi dan meningkatkan kesejahteraan individu dalam masyarakat.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UMS drg., Dendy Murdiyanto, MDSc dengan bangga menyampaikan bahwa DENSIUM telah tumbuh dan berkembang sejak pertama kali diselenggarakan sebagai seminar mahasiswa pada tahun 2011 yang mendatangkan 15 ahli Kesehatan Gigi dan Akademisi.

BACA JUGA : Kuliah Umum PBSI UMS, Hadirkan Pengajar BIPA Australia

Acara DENSIUM 6 dibuka dengan pemukulan Gong oleh Wakil Rektor 2 UMS Prof. Dr. Muhammad Da’i, M.Si., Apt yang didamping Dekan FKG UMS drg., Dendy Murdiyanto, MDSc beserta Ketua Panitia DENSIUM 6 drg., Ikmal Hafizi, MDSc, Sp. Ort., melihat pentingnya pendekatan komprehensif dan multidisiplin dalam dunia kerja saat ini, terutama dalam perkembangan akademis dan profesi kedokteran gigi. Dia menjelaskan betapa relevannya DENSIUM 6 dengan berkembangnya era Society 5.0 yang mendorong adopsi teknologi dan integrasi dalam perawatan gigi.

Wakil Rektor 2 UMS Prof., Dr., Muhammad Da’i, M.Si., Apt., melihat pendekatan komprehensif dan multidisiplin dalam dunia kerja sekarang sangatlah penting dalam perkembangan akademis dan profesi khususnya kedokteran gigi dengan berkembangnya Society 5.0 sangat relevan dengan seminar ini. “Kegiatan positif semacam ini, harus terus kita dorong,” paparnya. (Brondy/Humas)