You are currently viewing Mahasiswa Asing UMS Asal Bangladesh Jadi Best Participant

Mahasiswa Asing UMS Asal Bangladesh Jadi Best Participant

ums.ac.id, SOLO – Mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menorehkan prestasinya di program Summer Course yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 11-17 Juli 2023.

Mr. Mahmudulhassan, mahasiswa asing berprestasi tersebut adalah mahasiswa yang berasal dari Bangladesh dan sedang menempuh program Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI) di UMS sekaligus penerima beasiswa International Priority Scholarship (IPS) dari UMS. Dia mendapatkan penghargaan berupa ‘The Best Participant’ dalam acara internasional itu.

“Alhamdulillah di akhir sesi ada pemberian award, The Best Participant, dan salah satu mahasiswa UMS keluar sebagai yang terbaik,” ungkap Alex Kurniawan, S.Pd dari Biro Kerjasama Urusan Internasional (BKUI) UMS, Kamis (20/7).

Kegiatan Summer Course yang bertema ‘Fostering the Halal Industry Through Science and Technology Perspectives’ diikuti oleh 5 negara, yaitu Bangladesh, Mesir, Sieralion, Somalia, dan Indonesia. Sebanyak 40 mahasiswa asing mengikuti program tersebut.

Selain Mahmudulhassan, dua mahasiswa lain dari UMS juga mengikuti kegiatan tersebut. Dua mahasiswa tersebut adalah Ms. Aya Mohamed asal Mesir, dari S3 Hukum UMS, dan Mr. Lamin Kaira S2 Akuntansi UMS dari Sieralion.

Terpisah, Kepala BKUI, Andy Dwi Bayu Bawono, S.E., M.Si., Ph.D menjelaskan kegiatan-kegiatan seperti Summer Course ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan kepada masyarakat umum bahwa di UMS terdapat mahasiswa asing. Selain itu, melalui kegiatan tersebut, mahasiswa mendapatkan benefit tersendiri.

“Bisa berdampak ke mahasiswa tersebut yang mengikuti acara itu. Bisa menambah pengalaman, menambah teman, dan juga itu mendapat sertifikat pendidikan yang nanti dipakai untuk sidang tesis atau disertasi,” ujar Andy

Informasi mengenai kegiatan-kegiatan internasional biasanya didapatkan dari biro internasional perguruan tinggi yang mengadakan agenda tersebut. Selanjutnya pemberitahuan tersebut disebarluaskan oleh BKUI UMS, dan mahasiswa diharapkan aktif untuk turut berpartisipasi dalam agenda-agenda serupa.

Pada Juni sebelumnya, lanjut Andy, mahasiswa asing UMS asal Zimbabwe Panashe Ndlovu dari program sarjana Ilmu Komunikasi, juga menjadi The Best Participant dalam acara Summer Course yang diadakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Maysali/Humas)