You are currently viewing Sofyan Anif: Kemerdekaan Bukan Sekedar Terbebas dari Penjajahan

Sofyan Anif: Kemerdekaan Bukan Sekedar Terbebas dari Penjajahan

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) gelar upacara kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-76, upacara dilaksanakan secara blended dengan komposisi 40 Peserta berada di halaman Gedung Induk Siti Walidah dan 500 peserta mengikutinya secara daring melalui Zoom, Selasa (17/08).

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si selaku inspektur upacara menyampaikan momentum hari kemerdekaan bukan hanya sekedar dimaknai sebagai keterbebasan dari penjajahan fisik maupun non fisik, tapi bisa menjadi satu momentum untuk introspeksi diri.

Baginya momentum peringatan hari kelahiran dapat menjadi introspeksi guna meningkatakan serta mempertajam kontribusi terhadap kemajuan bangsa. Guna tercapainya visi besar bangsa Indonesia pada 2045 atau tepat satu abad usianya menjadi salah satu negara yang kuat di dunia.

Dalam mencapai visi itu, ia mengatakan perlunya membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar dapat mengejar ketertinggalan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.

Selain itu Sofyan Anif juga memaparkan, kontribusi Muhammadiyah sebagai organisasi kemasyarakatan yang telah menjadi garda terdepan dalam peningkatan berbagai sektor terutama sektor pendidikan dan kesehatan.

UMS sebagai bagian dari amal usaha Muhammadiyah, lanjut dia, juga memiliki andil dan tangungjawab dalam membangun SDM, bukan hanya untuk internal saja namun juga untuk persyarikatan secara umum. “Kita belum lama membantu PKU Wonogiri dengan memberikan satu unit mobil ambulans, sebelumnya Perguruan Tinggi Brebes juga kita fasilitasi satu unit mobil, termasuk juga yang ada di Pacitan. Begitu pula berdirinya Universitas Muhammadiyah Malaysia (UMAM) kita ikut berkontribusi dalam pendiriannya.

Di akhir upacara, Rektor UMS memberikan penghargaan tanda kehormatan satyalancana karya satya sepuluh tahun kepada tiga dosen Pegawai Negri Sipil (PNS) DPK yaitu Okti Sri Purwati, S.Kep, Ns, M.Kep, Sp.Kep.M.B., Peni Indrayudha, S.F, M.Biotech, Apt, Ph.d., dan Efri Roziaty, S.Si., M.Si. “Kita apresiasi bagi karyawan dosen yang berprestasi.” tutupnya. (Atta/Humas)