You are currently viewing Pergelaran Budaya Meriahkan Masta PMB UMS, Gelombang 2

Pergelaran Budaya Meriahkan Masta PMB UMS, Gelombang 2

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA -Pagelaran seni budaya memeriahkan pembukaan hari ke- 2 Masta PMB Gelombang 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang dilaksanakan Selasa (22/8) di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan yang diikuti 3000 mahasiswa baru.

Acara MASTA PMB dibuka dengan penampilan Solo vokal dari Lisa Ayu Salsabilla & Anam Fatih Abdillah yang menghibur sekaligus kehadiran mahasiswa baru.

Terdapat penampilan wayang kulit dengan dalang Immawan Cahyo Bagaskoro Praditya , mahasiswa Teknik Sipil  beserta reog Ponorogo gendengan Wirun Mojolaban Sukoharjo  yang menceritakan Bagong kuliah ke Korea Selatan melalui UMS. Pada pertengahan pewayangan terdapat kolaborasi dengan reog ponorogo yang tampil dengan ciamik dan memikat para mahasiswa baru.

Show Director Masta UMS Drs., Iswayudi Tejoyuwono, M.Sn., menjelaskan esensi dari pertunjukan ini adalah untuk memperkenalkan kembali budaya Indonesia. Di mana setiap daerah memiliki kesenian yang beragam seperti Reog Ponorogo, yang dulu pernah diklaim oleh negara lain. Tampilan kesenian itu dihadirkan secara lebih dekat pada mahasiswa UMS dalam Acara Masta PMB UMS ini.

“Tujuan dari pertunjukan ini untuk mendekatkan kesenian budaya kepada mahasiswa dan menggaris bawahi bahwa khususnya kesenian reog ponorogo adalah milik bangsa Indonesia,” tegas Uud panggilan akrab dosen FKI UMS itu.

Peserta Masta PMB berasal dari 12 Fakultas di UMS yang berjumlah 3000 orang pada gelombang 2. Sehingga jumlah total gelombang 1 dan 2, ada 7000 mahasiswa.

Peserta Masta PMB, Maysa Vadena Putra Adipura dari prodi Arsitektur menyampaikan bahwa Masta OMB sangatlah luar biasa, di mulai dari persembahan lagu, Gimmick, wayang kulit, Reog Ponorogo sampai pada akhirnya ditutup dengan konser.

Di Universitas Muhammadiyah Surakarta Terdapat 3 organisasi otonom yang didukung universitas yaitu ; Hizbul Wathan UMS (HW UMS); IKatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Tapak Suci UMS (TS).

Selain itu Ketua Rangkaian Masta dan Expo PMB 2023, drg., Ana Riolina, MPH., menyampaikan dengan adanya rangkaian Masta PMB mahasiswa baru ums dapat segera mengenal kehidupan perkuliahan khususnya di UMS.

“Mahasiswa baru dapat dengan cepat mengenal lingkungan perkuliahan dan kehidupan kampus yang akan dijalani selama masa studi di UMS,” Ungkap drg., Ana

Selain itu dia juga menyampaikan bahwa pada hari ini terdapat beberapa materi yang disampaikan ke mahasiswa seperti Materi AL Islam, Kemuhammadiyahan – Wawasan Kebangsaan, Layanan Administrasi Kemahasiswaan; Pengenalan Ortom Muhammadiyah dan Layanan Aktivitas Kemahasiswaan. (Brondy/Humas)