You are currently viewing UMS Ramaikan Pameran Pendidikan “University Expo Jepara 2024”, Perkenalkan Perguruan Tinggi Unggulan

UMS Ramaikan Pameran Pendidikan “University Expo Jepara 2024”, Perkenalkan Perguruan Tinggi Unggulan

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Pameran pendidikan terbesar di Jepara, “University Expo Jepara 2024,” digelar di Gedung Wanita Jepara pada Sabtu-Minggu, 20-21 Januari 2024. Salah satu universitas yang ikut serta dalam pameran ini adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yang mengenalkan berbagai program studi unggulan dan informasi seputar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Pembukaan acara dimulai dengan sambutan dari Amelia Novianti, Ketua Panitia acara, yang menekankan bahwa expo campus ini telah menjadi agenda tahunan. Tujuan utamanya adalah mempermudah siswa dari berbagai tingkat pendidikan, seperti SMA/MA/SMK untuk mendapatkan informasi terkait perguruan tinggi, kontribusi yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Jepara. Kemudian acara diresmikan oleh Ali Hidayat, S.Pd, M.M., dari Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Jepara.

Acara tersebut diikuti oleh lebih dari 57 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, yang membuka peluang bagi siswa SMA/MA/SMK untuk mendapatkan informasi lengkap tentang pilihan jurusan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Peserta pameran berasal dari 37 sekolah SMA/SMK/MA negeri dan swasta di Jepara, dengan perkiraan 7000 pengunjung yang menghadiri acara ini.

Bayu Bagus Saputra, salah satu peserta Expo Campus, mengungkapkan manfaat dari kegiatan ini. “Pengalaman kedua mengikuti expo ini sangat bermanfaat karena dengan mengikuti expo menambah referensi informasi universitas serta membuka sudut pandang baru dalam menentukan pilihan universitas,” ungkap Bayu (20/01).

Antusiasme juga tercermin dari antrian yang terbentuk di beberapa stand, dengan siswa-siswa yang ingin mendapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan perwakilan perguruan tinggi favorit mereka.

Nurma Trisnawati, S.Kom., dari Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMS, menyambut positif antusiasme siswa dan menceritakan bagaimana kehebohan yang terjadi di booth UMS.

“Banyaknya dari mereka yang datang ke booth UMS tidak hanya untuk bermain game saja melainkan benar-benar bertanya program studi impiannya dan saya senang bisa membantu mereka memahami langkah-langkah pendaftaran,” ujarnya, Jumat (26/1).

Demikian pula dengan Acmad Nur Rafi’M, S.Geo., dari Tim PMB UMS, menyoroti antusiasme siswa yang meningkat di hari kedua pelaksanaan pameran.

“Pengunjung di hari pertama banyak sekali dari kalangan SMA, baik kelas 11 maupun 12. Banyak anak yang mengunjungi stand universitas, terutama di UMS. Pada hari kedua lebih ramai, ini membuktikan bahwa siswa SMA di Kabupaten Jepara berantusias untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta,” tambah Rafi. (Maysali/Humas)