You are currently viewing Sekum PP Muhammadiyah : Seleksi Mahasiswa Baru 2023 di UMS Sangat Ketat

Sekum PP Muhammadiyah : Seleksi Mahasiswa Baru 2023 di UMS Sangat Ketat

ums.ac.id, SOLO – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, yang diwakili oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof., Dr., Abdul Mu’ti, M.Ed., mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru yang telah menjadi bagian dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Hal tersebut disampaikan pada saat Grand Opening (GO) Masa Taaruf Penyambutan Mahasiswa Baru (MASTA PMB) yang dilaksanakan di Gedung Edutorium UMS, Selasa (1/8).

Abdul Mu’ti mengatakan penjaringan mahasiswa baru UMS dilakukan dengan sangat ketat. Di Muhammadiyah, biasanya mereka menyebut penerimaan mahasiswa baru dengan istilah sistem seperti penumpang pesawat dan penumpang angkot.

“Kalau yang pesawat itu, penumpanganya highly selected. Mendaftar dari awal, kemudian harus check in, baru kemudian boarding, dan begitu sudah terbang, tidak ada penerimaan lagi. Dan itu lah penerimaan mahasiswa di UMS,” ungkapnya.

Bahkan di UMS, terdapat pendaftar yang harus mengikuti 5 kali tes CBT, ada juga pendaftar yang menggunakan surat rekomendasi dari PP Muhammadiyah tapi tidak diterima. Abdul Mu’ti mengungkapkan, hal tersebut membuktikan bahwa calon mahasiswa baru adalah mahasiswa yang terseleksi atas keistimewaan dan kemampuan mereka untuk menjadi mahasiswa UMS.

Pada GO Masta PMB Gelombang 1 UMS tahun 2023, mahasiswa UMS menampilkan karya dan bakat mereka untuk ditunjukkan pada mahasiswa baru dan khalayak umum. Saat menyapa mahasiswa baru, Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si dan Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) UMS Drs. Marpuji Ali., M.Si disambut oleh robot, karya dari mahasiswa Fakultas Teknik, yaitu Robot SAR Megalodon. Robot tersebut menyambut kedatangan rektor dan BPH UMS dengan mengantarkan Bendera Merah Putih dan UMS.
Ketua Panitia MASTA PMB 2023 drg., Ana Riolina, M.P.H menyampaikan bahwa pelaksanaan grand opening dan MASTA PMB terlaksana dengan baik, dan sukses.

“Alhamdulillah pelaksanaan Masta PMB Gelombang 1 UMS tahun 2023 telah terlaksana dengan sukses dan sangat meriah. Hal ini karena adanya penampilan dari robot SAR dan robot Menari, serta ada tampilan dari Voca Al Kindi yang menyanyikan lagu medley nusantara.”

Seperti yang disampaikan oleh ketua panitia, saat Voca Al Kindi dan para penampil lain menunjukkan bakatnya, mereka disambut dengan tepuk tangan yang riuh.

Salah satu mahasiswa baru dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Fikry Haikal mengungkapkan, acara MASTA PMB UMS sangat seru.

“Mengejutkan sih, apalagi lihat tari-tarian tadi itu kayak seru banget,” ungkap Fikry.

Fikry mengaku telah mendaftar ke UMS sejak bulan Februari dan menjadikan UMS sebagai pilihan pertamanya. Dia juga berpesan kepada teman-temannya untuk dapat bergabung dengannya.

“Untuk teman-teman yang belum atau mau daftar ke UMS boleh untuk ke FKIP, apalagi ke PBI. Seru pokoknya,” serunya. (Maysali/Humas)