You are currently viewing BKUI Gelar Workshop Firewall : Berikan Pemahaman Mahasiswa tentang Pentingnya Sistem Keamanan

BKUI Gelar Workshop Firewall : Berikan Pemahaman Mahasiswa tentang Pentingnya Sistem Keamanan

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pengetahuan dalam bidang keamanan sebuah sistem adalah hal yang sangat penting untuk dipahami oleh setiap orang di era digital seperti sekarang ini. Melihat hal tersebut, Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan Workshop Firewall yang bekerjasama dengan delegasi dari Universiti Putra Malaysia, Sabtu (19/10/2017). Kegiatan tersebut digelar dengan harapan agar mahasiswa dapat lebih memahami tentang pentingnya sebuah sistem kaamanan dalam komputer.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Seminar Gedung Induk Siti Walidah UMS tersebut dihadiri tidak hanya oleh mahasiswa UMS saja, namun juga diikuti oleh mahasiswa dari Universiti Putra Malaysia. Sebanyak 48 mahasiswa UMS hadir pada acara tersebut, sedangkan dari Universitas Putra Malaysia terdapat 20 mahasiswa yang turut hadir. Kegiatan tersebut cukup menarik pasalnya pada acara tersebut menghadirkan 2 pembicara dari masing-masing universitas.

Fazirulhisyam Hashim, Ph.D selaku narasumber workshop dari Departement of Computer and Communication Systems Engineering Universiti Putra Malaysia menjelaskan pentingnya computer and network security. Menurutnya keamanan data dan informasi sangatlah penting untuk diperhatikan karena keamanan tersebut berfungsi untuk mencegah kerugian dari pusat sumber daya informasi.

“Jadi keamanan sebuah data dan informasi dalam network itu sangat penting untuk dijaga dan perhatikan. Karena kemanan ini ditujukan untuk mencegah kerugian dari tercurinya data atau informasi kita,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa sistem keamanan semacam ini juga digunakan untuk mencegah dan melindungi sumber data yang ilegal (mengandung virus). Perlindungan seperti ini juga dapat digunakan untuk melindungi sebuah mesin komputer yang cukup mahal.

Selain itu, Dhani Mutiari, Ph.D selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik UMS dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Engineering sebagai profesi dimana didalamnya pengetahuan matematika dan ilmu alam yang diperoleh melalui pendidikan, pengalaman, dan praktik diaplikasikan dengan semestinya.

“Sekarang ini Engineering merupakan sebuah profesi yang menggabungkan pengetahuan matematika dan ilmu alam sehingga dapat diaplikasikan. Dengan pengetahuan tersebut kita dapat menemukan cara yang ekonomis dalam membantu kehidupan umat manusia,” ungkapnya dalam workshop tersebut.

Dia juga menuturkan bahwa profesi ini menuntut standar sikap yang tinggi serta memiliki tanggung jawab kepada klien, mitra, dan masyarakat. Bahkan profesi ini juga membutuhkan bidang yang spesifik agar bisa mendapatkan status profesional. (Khairul/Ahmad)