You are currently viewing Dosen UMS Latih Guru TK Aisyiyah di Kartasura Cara Mendeteksi Pertumbuhan dan Perkembangan Perilaku Anak

Dosen UMS Latih Guru TK Aisyiyah di Kartasura Cara Mendeteksi Pertumbuhan dan Perkembangan Perilaku Anak

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, PABELAN – Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan pengabdian masyarakat di TK Aisyiyah Ngadirejo 3, Kartasura, Sukoharjo, Sabtu (14/10/2023).

Ketua Tim, Irdawati mengatakan, hal itu dilakukan sebagai bentuk pengabdian dosen kepada masyarakat dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi.

Kegiatan bertajuk Pengabdian Masyarakat Berbasis Pengembangan Persyarikatan Dakwah, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan tersebut diikuti oleh 12 guru yang berasal dari TK Asyiyah Gumpang 1, TK Aisyiyah Ngadirejo 2 dan TK Aisyiyah Ngadirejo 3.

Kata Irdawati fokus utama pada pengabdian kali ini yaitu peningkatan kapasitas Guru Paud Aisyiyah dalam pengoptimalan tumbuh kembang anak usia dini.

Menurutnya, guru TK menghadapi peserta didik anak usia dini yang proses tumbuh kembangnya masih berlangsung aktif.

Sehingga, akan signifikan pengaruhnya kalau guru-guru paham tentang tumbuh kembang anak.

“Jika guru sudah bisa mendeteksi sejak dini maka bisa menindaklanjuti dengan membuat laporan ke Puskesmas ataupun orang tua anak,” ungkapnya.

Untuk melaksanakan kegiatan ini Irdawati dibantu dosen-dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan, satu dosen dari PAUD serta para mahasiswa Ilmu Kesehatan UMS.

Adapun dosen-dosen yang terlibat dalam pengabdian tersebut antara lain sebagai berikut.

Yuli Kusumawati – Dosen Kesehatan Masyarakat
Endang Nur Widyaningsih – Dosen Ilmu Gizi
Siti Arifah – Dosen Keperawatan
Junita Dwi Wardhani – Dosen PAUD

Sedangkan mahasiswa yang ikut terlibat yaitu sebagai berikut.

Hasna Nafisah, S.Kep.,Ns
Dyaz Surya Ananta
Putri Rahayu
Refansa Desfa Dinata
Cindy Ratna Ardella

Lebih lanjut, Irdawati mengatakan, bentuk kegiatannya yaitu berupa pelatihan tentang deteksi dini pertumbuhan dan perkembangan serta deteksi gangguan perilaku pada anak usia dini.

“Mereka diberi pemaparan tata cara mendeteksi pertumbuhan dan perkembangan serta deteksi gangguan perilaku pada anak usia dini,” ucapnya.

Dalam pelatihan ini kata Irda, peserta akan praktik langsung menggunakan buku monitoring perkembangan anak dan pengisian Kartu Tinggi Sehat sebagai deteksi dini pertumbuhan anak.

“Dengan begitu guru-guru bisa monitoring secara berkala mengukur pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini,” pungkasnya. (*)