You are currently viewing Apresiasi Karya Film melalui Kinema Kine Club UMS

Apresiasi Karya Film melalui Kinema Kine Club UMS

  • Post author:
  • Post category:Berita

Unit Kegiatan Mahasiswa Kine Club (UKM Kine Club) Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKI UMS) menunjukan kreatifitasnya dalan dunia perfilman. Pada hari Sabtu (10/11/2018) UKM yang bergerak dalam bidang perfilman ini menyelenggarakan secreening Film dengan tajuk acara KINEMA #4 tahun 2018. Acara yang mengusung tema ‘Movie In Arteri’ ini bertempat di Auditorium Moh. Djazman UMS.

Jargon Kinema ke 4 ini adalah ‘Jadikan Movie sedekat Nadi’. Jargon tersebut, bertujuan untuk lebih mendekatkan masyarakat dengan film sekaligus terdorong untuk mau berkarya. Kinema sendiri merupakan agenda tahunan dari Kine Club UMS, yang menampilkan film-film karya anggota atau mitra kerjasamanya.

Maka dari itu, karya film yang di putarkan dalam acara ini tidak hanya dari anggota Kine Club, tapi juga karya diluar anggotanya, seperti karya Mahasiswa dan dosen ilmu Komunikasi UMS. Selain itu, hal menarik lainnya, sejumlah tiga karya siswa SMA atau sederajat di Solo yang telah mengikuti workshop pembuatan Film oleh Kine Club FKI UMS (15/10/2018) , ikut diputarkan.

Rizky Ma’ruf sebagai Ketua Umum Kine Club FKi UMS yang juga mahasiswa semester 5 Ilmu Komunikasi UMS menyebutkan daftar film yang disecreening yakni (1) ‘Jangan Aneh-aneh’ dari SMK N 6 Surakarta (2) ‘Berputar’ dari SMK M 1 Susukan dan SMK N 8 Surakarta (3) film SMA N 2 Sukoharjo (4) ‘A Wish’ sutradara Hafidz Nuril Syahrial, (5) ‘Filantropi’ sutradara Fatma Shofia, (6) ‘Sargede Kumandang’ sutradara Iswahyudi Tejoyuwono, (7) ‘Pulang’ sutradara Gandung Suryo, (8) ‘Noejoeh’ sutradara Egi Pangestu, (9) ‘Nganten Anyar’ sutradara Hafidz Rizky dan (10) ‘Blues Side and On Blue Sky’ sutradara Rahmat Hidayat Mustamin.

Acara yang digelar secara gratis ini juga menggandeng organasi film diluar UMS seperti IMITATION dari Ilmu Seni Indonesia (ISI) Surakarta, untuk diputarkan karya filmnya. “Kita ngasih feedback ke organisasi di luar kita, karena terus terang, film kita sering diminta diputar diacara mereka” jelasnya. Penonton event tahunan ini tidak hanya dari Mahasiswa UMS, namum masyarakat umumpun ikut menikmatinya. (Risqi)