You are currently viewing Fakultas Teknik UMS Bersama Ortom Muhammadiyah Galang Donor Darah dengan Protokol Kesehatan

Fakultas Teknik UMS Bersama Ortom Muhammadiyah Galang Donor Darah dengan Protokol Kesehatan

  • Post author:
  • Post category:Berita

Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerja sama dengan Ortom Muhammadiyah mengadakan kegiatan sosial donor darah. Hal itu untuk membantu kurangnya stok pasokan darah yang dimiliki Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta saat ini.

Mengingatnya pentingnya stok darah tersebut guna menolong pasien yang membutuhkan, maka FT UMS bersama Ortom Muhammadiyah lainnya menggalang donor darah. Kegiatan ini sebenarnya sudah dilangsungkan sejak awal pandemi, namun kemudian makin diintensifkan.

Sejak April hingga November 2020, bersama pengurus Ortom di UMS seperti Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci Dan Hizbul Wathan kompak kerjasama dengan Palang Merah Indonesia kota Surakarta melangsungkan aksi sosial berupa donor darah. Sudah sebanyak 6 kali donor darah dilakukan

Kali ini, Kamis (5/11/2020) kegiatan donor darah dilaksanakan di hall Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dengan kuota pendonor 50 orang. Meski di tengah Pandemi, Aksi sosial tersebut tetap menaati protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

Ismoko Weni, sebagai koordinator kegiatan itu mengatakan kegiatan tersebut medapat dukungan dari Fakultas Teknik UMS. Selain difasilitasi tempat kegiatan, setiap pendonor diberi masker berlogokan Fakultas Teknik UMS. “Dalam hal ini, Dekanat Fakultas Teknik sangat mendukung aksi sosial tersebut,” ujarnya yang juga sebagai Kepala Tata Usaha Fakultas Teknik.

Dia menceritakan dihubungi oleh pengurus PMI Kota Surakarta untuk kerjasama menggelar kegiatan donor darah, karena saat pandemi, jumlah pendonor sangatlah sedikit. “Bahkan PMI sampai jemput bola ke masingmasing rumah pendonor” lanjut Bunda Weni sapaan akrabnya.

Dari situlah, dia dibantu banyak pihak bergerak rutin melaksanakan kegiatan donor hampir setiap bulan. Dirinya berpesan, dalam situasi pandemi seperti sekarang, diusahakan untuk tetap membantu sesama. “Kita lawan ketakukan saat pandemi, jaga kesehatan, agar tetap bermanfaat bagi umat,” kata Ismoko Weni yang juga Wakil Ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHB) Pimpinan Daerah Aisyiyah Sukoharjo ini. (Risqi/Humas)