You are currently viewing BPTI Tinjau Edutorium UMS, Bakal Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia 2024

BPTI Tinjau Edutorium UMS, Bakal Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia 2024

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) melakukan peninjauan lapangan di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yang nantinya akan menjadi tuan rumah dalam ajang Talenta Pendidikan Tinggi Tingkat Nasional 2024, yaitu Kontes Robot Indonesia (KRI).

KRI tahun 2024, merupakan penyelenggaraan ke-22 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu, dan merupakan pertama kalinya diselenggarakan di UMS.

KRI mempertandingkan 7 (tujuh) divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI); dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Ketua Tim Kerja Kemitraan BPTI, Rizal Alfian, mengungkapkan perasaannya pada saat meninjau lapangan dan berkeliling di area Edutorium UMS.

“Sangat representatif sekali, kapasitasnya sangat besar, menunjang exhibition dan juga untuk perlombaan robot antar mahasiswa nasional,” ungkap Rizal, Kamis, (23/11).

BPTI memilih UMS sebagai tuan rumah, karena UMS adalah satu-satunya perguruan tinggi yang bersedia menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia dan secara venue sangat representatif dan memadai.

“Untuk pemilihan tuan rumah, kami tentunya melihat dari venue, kemudian dukungan dari tuan rumah dalam kesediaan dana tambahan yang akan dikeluarkan tuan rumah,” papar Ketua Tim Kerja Kemitraan itu.

Estimasi penyelenggaraan dilaksanakan pada bulan Juni 2024 dan Rizal berharap supaya acara yang berlangsung di Edutorium UMS itu dapat memberikan edukasi kiprah talenta di bidang robotika kepada masyarakat dan Solo sekitarnya.

Wakil Rektor (WR) 3 UMS, Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D., dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada Puspresnas karena telah mempercayakan UMS untuk menjadi tuan rumah.

“Tentu kita berterimakasih banyak kepada Puspresnas yang sudah memilih UMS sebagai tuan rumah KRI,” ungkap WR 3 UMS.

Menurutnya, acara yang akan digelar pada Juni 2024 tahun depan adalah momentum untuk menjadi contoh tuan rumah yang baik dan menunjukan bahwa UMS mampu menjadi tuan rumah penyelenggaraan event nasional yang berhubungan dengan teknologi.

Menariknya, pada KRI yang diselenggarakan di UMS mendatang, akan ada pertunjukan dan akan menggandeng mitra yang bergerak di bidang teknologi.

“Kita akan mengundang siswa SMA yang memiliki komunitas robot, sehingga mereka bisa menunjukan bagaimana perkembangan teknologi robot di indonesia,” tambah Ihwan.

Ihwan berharap, setelah digelarnya KRI di UMS semakin banyak siswa dan mahasiswa yang berminat dan mengembagkan bakat teknologi.

“Semoga dengan adanya KRI di UMS, semakin banyak siswa dan mahasiswa yang punya minat dan mengembangkan bakat teknologi di indonesia,” pungkas Ihwan.

Pada KRI tahun 2023, UMS memiliki 4 Tim yang ikut berlomba, Ihwan berharap semoga pada kontes yang akan mendatang, mereka sudah mempersiapkan katergori-kategori kontes robot agar dapat mengikuti kontes dengan lebih baik. (Yusuf/Yunita/Humas)