You are currently viewing PPG UMS Luluskan 700 Lebih Guru Profesional, Rektor : Guru Tidak Bisa Digantikan Oleh AI

PPG UMS Luluskan 700 Lebih Guru Profesional, Rektor : Guru Tidak Bisa Digantikan Oleh AI

ums.ac.id, SOLO – Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Yudisium dan Sumpah Profesi PPG Dalam Jabatan (Daljab) Gelombang 2 Tahun 2023 di Auditorium Moh. Djazman, pada Sabtu (27/4).

Kegiatan tersebut dilakukan secara blended melalui platform Zoom Meeting, dengan total wisudawan yang mengikuti kegiatan itu sejumlah 782. Dari total peserta itu, sejumlah 404 peserta diwisuda secara luring.

Dekan FKIP UMS, Prof., Dr., Sutama, M.Pd., dalam menyampaikan laporan kegiatan menyatakan, hari ini menjadi hari yang istimewa bagi mahasiswa yang sudah berhasil menyelenggarakan serangkaian kegiatan PPG dari awal hingga lulus dan terus bertransormasi menjadi guru yang profesional untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Segenap pimpinan FKIP UMS mengucapkan selamat atas keberhasilan dan gelar yang telah kalian capai dan dapat memberikan manfaat bagi pribadi, keluarga dan masyarakat. Kami sangat berharap bapak dan ibu selalu memperkuat jejaring kekerabatan dan eksistensi alumni FKIP UMS serta dengan guru profesional lainnya,” ucap Dekan FKIP saat sambutan.

Selain itu, Rektor UMS, Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., dalam memberikan sambutan dan amanat menyampaikan bahwa saat ini banyak lini pekerjaan yang sudah dikuasai oleh Kecerdasan Buatan (AI).

“Akan tetapi guru merupakan lini pekerjaan yang tidak bisa dikuasai oleh teknologi dan AI karena guru dalam mendidik dan membelajarkan peserta didik senantiasa dengan ketulusan hati dan membimbing mewujudkan karakter yang baik. Untuk mewujudkan budi pekerti siswa yang baik tidak akan dapat dilakukan oleh mesin ataupun robot,” tegas Sofyan.

Selain itu, tambahnya, guru dalam mendidik juga harus memperhatikan aspek budaya sehingga siswa tidak akan asing dengan karakter bangsa dan budaya negara asalnya.

Perwakilan mahasiswa PPG dari Program Studi Matematika, Sarudin, mengucap syukur sudah menyelesaikan PPG dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

“Saya berterima kasih kepada seluruh Dosen UMS yang sudah membimbing dalam Pendidikan Profesi Guru dengan penuh ketulusan dan keikhlasan sehingga lulus dan menerima sertifikat pendidik,” ucapnya. (Yusuf/Humas)