You are currently viewing Selamat! 110 Penerima Beasiswa Batch 1 Tahun 2024 Sah Jadi Mahasiswa UMS

Selamat! 110 Penerima Beasiswa Batch 1 Tahun 2024 Sah Jadi Mahasiswa UMS

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar pertemuan dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan para penerima beasiswa yang disediakan oleh UMS. Acara ini berlangsung di Ruang Seminar Pascasarjana UMS, Sabtu (27/4).

Total penerima Beasiswa Program Sarjana Batch 1 ini sebanyak 110 mahasiswa baru.

Wakil Rektor I UMS Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum dalam kesempatan tersebut menyapa para penerima beasiswa. Harun juga memberikan ucapan selamat atas keberhasilan mereka yang telah menerima beasiswa.

Beasiswa yang diberikan oleh UMS itu mencakup dana pengembangan, biaya semester, dan biaya hidup selama 8 semester.

“Atas nama persyarikatan Muhammadiyah dan Diktilitbang Muhammadiyah dan UMS mengucapkan selamat pada anda semua yang dinyatakan diterima,” ujar Harun.

Menurut laporan yang diterima dari Panitia PMB, lanjutnya, yang melamar beasiswa ini sebanyak kurang lebih 700. Kemudian yang dinyatakan valid kurang lebih 460. Selanjutnya 200 yang mengikuti wawancara, dan pada akhirnya yang dinyatakan sebagai penerima beasiswa UMS sebanyak 110.

Di hadapan penerima beasiswa UMS beserta para wali yang menemani putra-putri tercintanya, berpesan agar dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan dapat lulus dengan tepat waktu, menjadi kader unggulan Muhammadiyah, menjadi tunas atau bibit unggul, serta selalu memiliki semangat Muhammadiyah.

“Tolong dipastikan nanti di dadaku ada semangat Muhammadiyah dan UMS,” pesan Wakil Rektor UMS itu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Dr. Triyono, M.Si., berpesan pula agar penerima beasiswa UMS ini dapat memotivasi teman-temannya nanti.

“Semoga ananda nanti bisa menjadi virus-virus yang terbaik untuk menularkan virus terbaik ada di lingkungan prodi masing-masing yang tersebar di 37 Prodi untuk Program Sarjana,” ungkap Triyono.

Dia juga meminta tolong kepada wali agar dapat mengawasi dan memotivasi perjalanan akademik putra-putrinya sehingga beasiswa tidak ditarik.

Kemudian 110 penerima beasiswa UMS itu berbondong-bondong melakukan registrasi di Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Salah satu penerima beasiswa UMS melalui skema Beasiswa Unggulan Annisa Nadaalya bersama dengan 10 orang temannya datang untuk menandatangani MoU sekaligus melakukan registrasi.

“Saya sangat bersyukur bisa diterima di UMS dengan beasiswa full karena dapat meringankan biaya kedua orang tua saya. Dan saya siap meningkatkan cita-cita saya, mewujudkan impian saya untuk membanggakan orang tua saya,” ungkap siswa asal SMK Muhammadiyah 2 Andong, Boyolali yang diterima di Prodi Pendidikan Agama Islam UMS.

Dirinya telah lama berkeinginan untuk kuliah sejak dan mewujudkan impiannya untuk menjadi sarjana, dan melalui UMS ini dia akan dapat mewujudkan cita-citanya itu.

Saat ini beasiswa Batch 2 UMS juga sudah dibuka. Terdapat lima skema beasiswa yang dibuka yaitu Beasiswa Kiai Haji Ahmad Dahlan (BKAD), Beasiswa Tunas Unggul Muhammadiyah (BTUM), Beasiswa Hafidz Al-Quran (BHA), Beasiswa Unggulan (BU), dan Beasiswa Prestasi (BP). (Maysali/Humas)