You are currently viewing Bahas Solusi Berkelanjutan untuk Pengembangan Daerah Tropis, Fakultas Geografi Adakan Seminar Internasional

Bahas Solusi Berkelanjutan untuk Pengembangan Daerah Tropis, Fakultas Geografi Adakan Seminar Internasional

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Fakultas Geografi kembali mengadakan International Conference of Geography and Disaster Management (ICGDM) ke-5, yang mengusung tema ‘Exploring Sustainable Solutions for Regional Development in Tropical Geographies: Unveiling the Potential, Embracing the Challenges’ melalui platform Zoom Meeting.

Pembicara utama yang turut berkontribusi dalam konferensi tahunan ini, diantaranya: Prof., Christopher Gomez, Kobe University, Jepang; Dr., Nawaz M Mian, National University of Singapore, Singapura; dan Dr., Maxim Samson, DePaul University, Amerika Serikat.

Selain itu, beberapa pembicara undangan dari berbagai negara juga diundang untuk menambah sudut pandang pada ICGDM ke-5, yaitu: Dr., Mukhamad Ngainul Malawani, M.Sc., Universitas Gadjah Mada, Indonesia; Esagu Calvin, M.A., Kyambogo University, Uganda; Dr., Edy Trihatmoko, Anggota Tim Impact 2050, State Atomic Energy Corporation Rosatom (ROSATOM), Rusia; Hendy Fatchurohman, M.Sc., University College London, Inggris; dan Muhammad Aufaristama, Ph.D., University of Twente, Belanda.

Dekan Fakultas Geografi, Jumadi, Ph.D., menjelaskan bahwa sebanyak lebih dari 100 presenter aktif terlibat dalam konferensi ini, melibatkan mahasiswa, dosen, dan akademisi baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka membawakan beragam riset tentang Physical Geography, Human Geography, Information Technology Application on Geography, dan Natural Disaster.

“Konferensi ini menjadi wadah untuk mendalami solusi yang tepat terkait pengembangan daerah tropis,” tegas Jumadi, saat ditemui, (13/12).

Dia juga menyampikan, ICGDM yang berlangsung pada hari Selasa hingga Kamis, 5-7 Desember 2023 lalu itu, memberikan penghargaan kepada para presenter yang berprestasi, seperti The Most Attractive Presenter yang diraih oleh Hamza Ait Zamzami dengan artikel berjudul “Tourism Investment And Land-Use Change In The Northern Piedmont Of The Western High Atlas (1989-2022)”, serta The Best Presenter oleh Firda Maftukhakh Hilmya Nada dengan artikel “The Potential Of Community Forest Development Through Agroforestry Pattern Of Medicinal Plants On Marginal Land In Lombok Tengah, Indonesia”.

“Penghargaan juga diberikan kepada The Best Student Presenter dalam 4 kategori, yakni Track: Physical Geography untuk Yunan Akhmad Isnanto, Track: Human Geography untuk Syafa Kusumawardani, Track: Information Technology Application on Geography untuk Alvi Kurnia Sari, dan Track: Natural Disaster untuk Hammam Muhammad Amrullah,” papar Dosen UMS itu.

Tak hanya itu, lanjutnya, hasil Lomba The International Student Poster Competition juga diumumkan pada konferensi ini, dengan juara 1: Adityo Wicaksono, Juara 2: Vito Pratama Yudha, Juara 3: Aprilia Kuswanti, dan Juara Favorit: Elisa Dewi Andita. (Yusuf/Humas)