You are currently viewing Berikan Edukasi Kesehatan Gigi, Tim UMS Lakukan Pengabdian Luar Negeri di Korea

Berikan Edukasi Kesehatan Gigi, Tim UMS Lakukan Pengabdian Luar Negeri di Korea

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan Pengabdian Masyarakat Mitra Luar Negeri bagi mahasiswa Indonesia yang berada di Korea.

Ketua Tim Pengusul Hibah Pengabdian, drg., Ana Riolina, MPH., mengungkapkan bahwa latar belakang pengabdian ini adalah diketahui bahwa mahasiswa Indonesia yang di Korea belum seluruhnya mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut karena hambatan kecemasan dan bahasa. Sementara itu mereka sangat jarang pulang ke Indonesia, sehingga penundaan waktu perawatan gigi menjadi panjang dan kerusakan gigi akan semakin parah.

“Kolaborasi ini dilakukan atas kolaborasi dengan Fakultas Farmasi dan Fakultas Teknik. Hal ini kami lakukan untuk mengenalkan dan mengedukasi tentang keamanan obat-obatan yang dijual bebas. Kami juga mengajarkan pembuatan clivia tea yaitu teh dari bahan bunga telang, jasmine dan stevia yang bisa mengontrol gula darah. Teh ini merupakan produk dari mahasiswa FKG, Fakultas Farmasi dan Fakultas Teknik,” papar Wakil Dekan III FKG, Kamis, (21/12).

Proses pengabdian ini pada bulan Oktober-November 2023 yang diawali dengan penggalian kebutuhan kelompok sasaran, kemudian kegiatan dilanjutkan pembuatan program yang disepakati bersama antara universitas mitra dan kelompok sasaran.

“Kemudian pelaksanaan pengabdian secara langsung dilaksanakan pada 5-6 November lalu di Korea, dengan melakukan pemeriksaan gigi, promosi kesehatan gigi dan penggunaan obat yang aman. Selain itu, dalam acara ini juga dilakukan pelatihan pembuatan clivia tea (teh bunga telang hasil karya tim UMS),” ungkap drg., Ana.

Dia berharap, kegiatan ini dapat membantu memberikan pengetahuan tentang hidup sehat dan informasi kesehatan kepada kelompok mahasiswa Indonesia yang berada di Korea. (Fika/Humas)