Fakultas Kedokteran UMS Gelar Medical Scientific Competition Tingkat Nasional 2023

ums.ac.id, SURAKARTA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cornea Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta (FK UMS) menggelar MEDSCO (Medical Scientific Competition), dengan tema “GASTROENTEROHEPATOLOGY DISEASE” (Conduct Research, Build the Newest Treatment Solutions, Take Advantage of Technological Advances and Increase Public Awareness of Gastroenterohepatology Disease). Kompetisi ini berupa ajang lomba Esai Ilmiah, Poster Publik, dan Poster Ilmiah, yang berlangsung dari bulan Juni-Desember 2023.


Ketua Panitia MEDSCO Ninda Pradani Futana mengungkapkan, bahwa acara Medical Scientific Competition 2023 merupakan serangkaian kegiatan berupa kompetisi ilmiah tingkat Nasional untuk mahasiswa kedokteran dan kesehatan di seluruh Indonesia, yang diikuti oleh 27 universitas.

“Peserta yang telah terseleksi dapat mengikuti acara Welcoming Party, yaitu acara penyambutan para finalis Medsco 2023 yang telah berhasil melalui tahap penyeleksian baik voting maupun penilaian juri ,” ungkap Ninda Selasa, (19/12).

Kegiatan tersebut, lanjutnya, dilakukan presentasi final dihari berikutnya yang bertempat di Kampus 4 Kedokteran UMS. Setelah itu, peserta pada malam harinya mengikuti acara Farewell Party yang bertempat di Hotel Multazam dengan agenda perayaan keberhasilan acara serta finalis MEDSCO 2023 ini.

“Selain itu, acara ini juga menyimbolkan perpisahan untuk para finalis sekaligus sebagai acara puncak MEDSCO 2023, diakhiri dengan City Tour (17/12) berkeliling kota Solo dengan destinasi yang penuh akan edukasi sejarah khususnya sejarah kota Solo,” paparnya.

Dia menyampaikan, bahwa MEDSCO ingin menjembatani sebuah transformasi sikap dan budaya mahasiswa menjadi lebih merefleksikan sebuah karakter ilmiah intelektual, sekaligus sebagai motivator dan katalisator tumbuhnya semangat untuk meneliti dan menulis dalam bidang keilmiahan.

Ninda Pradani memaparkan tujuan dari MEDSCO ini, adalah meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama di bidang kedokteran, guna membekali dan meningkatkan profesionalisme dokter dalam profesi kelak serta menumbuhkembangkan karya tulis mahasiswa dalam bentuk gagasan atau ide kreatif yang bersifat orisinil, visioner dan implementatif untuk mencari solusi atas permasalahan yang relevan, dan memberi wahana untuk menumbuhkembangkan karya kreatif dan inovatif dalam IPTEKS.

“Semoga dengan diadakannya event ilmiah MEDSCO tahun ini dapat meningkatkan atmosfer keilmiahan khususnya di FK UMS, serta dapat meningkatkan tali persaudaraan antar mahasiswa kesehatan seluruh Indonesia,” harap Ninda. (Alwy/Humas)