Pesan Rektor UMS, Calon Guru Harus Berprestasi dan Profesional

ums.ac.id, SOLO – Dalam rangka mengantarkan lulusan siap mengabdi di masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menyelenggarakan ‘Pembekalan dan Pelepasan Calon Wisudawan’. Kali ini, pembekalan disampaikan kepada Calon Wisudawan periode II tahun 2023/2024, di Auditorium Moh. Djazman pada Kamis (21/12).

Pembekalan dan Pelepasan calon wisudawan FKIP tersebut bertema ‘Cakap Berbudaya dan Berprestasi untuk Mencerahkan Semesta’. Dengan tema ini, diharapkan semua lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta ini memiliki kecerdasan dalam berbudaya, memiliki prestasi yang membanggakan, sehingga bermanfaat untuk masyarakat, sebagaimana disampaikan oleh Prof., Dr., Sutama, M.Pd., selaku Dekan FKIP UMS.

Dekan FKIP UMS dalam laporannya menyatakan, bahwa calon wisudawan dari FKIP UMS kali ini berjumlah 285 mahasiswa dari 11 program studi. Calon wisudawan terbaik FKIP UMS pada periode ini adalah Maiya Arisca Aminingtyas dengan IPK 3,91 dari Prodi PG PAUD.

Adapun wisudawan terbaik dari setiap prodi, adalah Sheila Amalia dengan IPK 3,76 (P. Akuntansi), Muhammad Rezal Fahrudin dengan IPK 3,78 (PPKn), Azzahro Fitri Luhuringtyas dengan IPK 3,61 (PBSI), Ayu Ukhti Muslimah dengan IPK 3,81 (PBI), Bela Dwi Lestari dengan IPK 3,78 (P. Matematika), Nova Anjani dengan IPK 3,54 (P. Biologi), Faustine Fiona Eka Farah Dewi dengan IPK 3,85 (PGSD), Maiya Arisca Aminingtyas dengan IPK 3,91 (PGPAUD), Sekar Kinasih NP dengan IPK 3,89 (P. Geografi), Ardiansah Risko Anwari dengan IPK 3,79 (PTI), dan Amar Abdullah Dani Arni Raihan dengan IPK 3,72 (POR).

Dekan FKIP UMS ini berpesan agar para calon wisudawan tetap rendah hati, terus belajar, dan berkomitmen untuk memberikan dampak yang positif kepada masyarakat.

“Saya ingin mengajak kalian semua untuk tetap bersikap rendah hati, terus belajar, dan berkomitmen untuk memberikan dampak positif di masyarakat. Di tengah kompleksitas dunia yang terus berubah, keberanian untuk mengambil inisiatif, beradaptasi, dan berinovasi merupakan kunci dalam mencapai kesuksesan,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., turut menyampaikan pesannya agar semua calon wisudawan memiliki sikap tegas yang merupakan salah satu indikator guru yang profesional serta berprestasi.

“Sebagai alumni, tentu harus punya komitmen yang kuat karena anda sebagai calon guru ya tentu berprestasi di dalam hal pembelajaran. Menunjukkan dedikasi yang kuat dan membangun etos kerja, membangun profesionalisme di dalam menjalankan semua tugas-tugas keguruan,” ungkap Sofyan Anif.

Pembekalan kali ini disampaikan oleh Dr., Suranto, M.Pd., dengan judul “ Membuka Pintu Peluang: Pembekalan Calon Wisudawan Menuju Sukses di Masa Depan”. Suranto mengarahkan bahwa calon wisudawan perlu menentukan arah dan tujuan berikutnya: bekerja, kuliah pascasarjana, atau PPG Prajabatan.

Lulusan ini, lanjutnya, juga perlu membangun jejaring informasi melalui teman relasi, media online, keluarga, aplikasi mobile, dan job fair. Lulusan perlu memiliki etika profesionalitas dan nilai-nilai kerja yang meliputi: integritas, keterampilan berkomunikasi, kemampuan adaptasi dan pengelolaan stress, dan kemampuan teknis, kreatif, dan inovatif. Nilai-nilai tersebut sangat menentukan dalam menghadapi tantangan global.

Selain itu, dalam agenda pelepasan dan pembekalan ini juga diputar testimoni alumni dan calon wisudawan terhadap FKIP UMS. Salah satu testimoni alumni berdedikasi dan berprestasi disampaikan oleh Muhammad Riduan Rido Allah, S.Pd, alumni Pendidikan POR yang saat ini mengabdi sebagai Kepala SMA Muhammadiyah Puruk Cahu, Kalimantan Tengah.

“Keberhasilan ini berkat hasil belajar saat kuliah di UMS, banyak sekali ilmu dan pengalaman yang didapatkan. Setidaknya ada tiga hal yang sangat mendukung perkuliahan di UMS: dosen yang sangat berkompeten dalam bidangnya, fasilitas yang sangat memadai, dan lingkungan yang suportif , nyaman, dan kondusif,” ungkapnya.

Kemeriahan acara semakin lengkap dengan adanya foto bersama dan tampilnya berbagai hiburan yang dibawakan oleh mahasiswa dan dosen. Hiburan yang menghangatkan suasana ini antara lain: skipping, beladiri, dan sajian lagu-lagu oleh mahasiswa dan dosen FKIP UMS. (Main Sufanti/01/Humas)