You are currently viewing Temu Kangen ke Wonosobo “The Soul of Java”, UMS Lanjutkan Ekspedisi “Goes to Your City”

Temu Kangen ke Wonosobo “The Soul of Java”, UMS Lanjutkan Ekspedisi “Goes to Your City”

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mendatangi Wonosobo untuk melanjutkan perjalanan UMS Goes to Your City, pada 12 dan 13 Desember 2023. Dalam agenda tersebut, UMS mengikuti EXPO 2023 dengan tema “Get Your Best Future Bersama Bimbingan dan Konseling Wujudkan Masa Depan Cerah” yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Wonosobo.

Hadir dalam acara tersebut sekaligus membuka serangkaian acara, Bupati Wonosobo Afif Nur Hidayat S.Ag., mengemukakan bahwa pameran pendidikan seperti ini memberikan kemudahan siswa SMA sederajat untuk mendapatkan informasi tanpa harus mengeluarkan budget yang berlebih.

“Expo perguruan tinggi ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh MGBK Kabupaten Wonosobo. Tujuannya adalah memberikan wawasan yang luas kepada generasi muda Wonosobo terutama bagi siswa siswi kelas 12 yang nantinya akan lulus dan memasuki gerbong masyarakat. Mereka membutuhkan referensi yang luas mengenai bidang karir yang akan mereka ambil. Sehingga outputnya mereka akan menentukan jurusan sesuai dengan bidang yang mereka pilih sesuai pilihan anak dan orang tua,” paparnya.

Afif Nur Hidayat meneruskan, para siswa diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya dengan harapan kedepannya ide, usulan, atau sumbangsih pemikiran dari anak-anak muda bisa mendorong kemajuan berbagai sektor di Kabupaten Wonosobo.

Tim One Day Service (ODS) UMS Diyah Ayu Martianingsih, S.Ak., menyampaikan bahwa semangat para siswa di Wonosobo menggelora dalam acara yang merupakan bagian dari ekspedisi UMS Goes to Your City.

“Semangat siswa sangat menggelora, stand UMS menjadi primadona bagi siswa yang hadir ke lokasi expo. Mereka sampai berdesak-desakan di depan stand UMS, walaupun hanya sekadar mengisi biodata, main games, atau meminta brosur dan bercengkrama dengan tim ODS yang ada di lokasi,” ujarnya pada Sabtu, (16/12).

Diyah berharap, kegiatan ini juga bisa memberi acuan pada guru BK untuk terus meningkatkan pelayanan pada siswa dan pada perguruan tinggi maupun industri. Dimana para siswa bisa mengoptimalkan potensi yang mereka miliki.

“Selain itu, harapannya tidak ada satupun anak di Wonosobo baik dari SMA/SMK/MA yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Mereka harus mengejar mimpi-mimpi mereka bahkan jika sampai ke negeri China,” pungkasnya.

Kegiatan pameran pendidikan di Wonosobo itu melibatkan 46 peserta, dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS), serta 5 mitra Dunia Usaha/Dunia Industri se-Provinsi Jateng dan DIY. (Maysali/Humas)