Tim PKM RSH Psikologi UMS Teliti Performansi Kerja Karyawan yang Berstatus Mahasiswa

ums.ac.id, SOLO – Tim riset dari Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah berhasil lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa – Riset Sosial Humaniora (PKM RSH) Seleksi Pendanaan 2024 dengan penelitian yang menarik berjudul “Analisis Performansi Kerja pada Karyawan yang Berstatus Mahasiswa Berdasarkan Profil Personality Menggunakan: Dominance, Influence, Steadiness, and Compliance Test (Tes DISC)”.

Tim ini berasal dari Fakultas Psikologi yang dipimpin oleh Aina Zahra Yudiana Sasputri sebagai ketua, dengan anggota tim Nindya Dwi Puspita, Tasya Ariadna Irawan, Shafira Khairunnisa, dan Zulfa Rosida. Mereka juga mendapatkan bimbingan oleh dosen pendamping, Rizqi Zulfa Qatruunnada, S.Psi., M.Psi., Psikolog.

Aina Zahra Yudiana menyampaikan bahwa tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana profil personality karyawan yang juga mahasiswa dapat mempengaruhi performansi kerja. Topik penelitian ini dilatarbelakangi adanya data dari Badan Pusat Statistik pada awal November 2023 yang menyebutkan tingkat pengangguran terbuka per Agustus 2023 sebesar 5,32 persen. Secara nominal, jumlah pengangguran terbuka per Agustus 2023 tercatat 7,86 juta orang.

“Artinya, lulusan universitas banyak yang tidak bekerja sehingga tidak dapat menunjukan performansi kerjanya sebagai SDM yang berkualitas meskipun telah menempuh perguruan tinggi dan telah dibekali dengan program MBKM ketika masih menjadi mahasiswa,” jelasnya, Sabtu (20/7).

Di sisi lain, tambahnya, mahasiswa yang bekerja paruh waktu memiliki pengalaman, wawasan, dan rasa tanggung jawab pribadi yang akan membantu mereka dengan baik saat memasuki dunia kerja profesional sehingga memiliki dampak positif terhadap performansi kerja.

Pengetesan pada penelitian ini dilakukan secara offline di Fakultas Psikologi UMS dengan melibatkan 51 partisipan dari wilayah Soloraya yang aktif dalam kegiatan akademik dan bekerja secara full time ataupun part time. Pengetesan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Juli 2024 dalam dua sesi yang berbeda.

Pada sesi pertama yaitu pengambilan data dengan alat tes DISC yang bekerja sama dengan Biro Konsultasi dan Pemeriksaan Psikologis (BKPP) UMS untuk mengidentifikasi profil personality partisipan. Sedangkan sesi kedua fokus pada pengukuran performansi kerja, dipandu oleh tim PKM untuk memastikan data yang diperoleh berkualitas baik.

“Bimbingan yang dan arahan yang kami dapatkan dari dosen pendamping, Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, dan juga DIKTI sangat membantu kami dalam menunjang kelancaran proses penelitian kami, yang mana dalam hal ini tujuan utama kita sama yaitu untuk mencapai tahap puncak yaitu PIMNAS 2024,” ungkap Aina Zahra.

PIMNAS atau Pekan Ilmiah Nasional Mahasiswa adalah acara puncak pelaksanaan dari PKM yang mempertemukan mahasiswa atau kelompok Tim PKM dari seluruh Indonesia.

Dia berharap, penelitian dari timnya ini dapat memberikan kontribusi signifikan baik dalam bentuk kebijakan (Policy Brief) maupun dalam literatur ilmiah yang bermanfaat bagi riset masa depan di bidang psikologi terapan.

Potensi hasil dari penelitian ini adanya kemungkinan pengembangan kebijakan organisasi yang lebih baik berdasarkan pemahaman yang lebih dalam mengenai faktor personality dalam kinerja karyawan yang juga memiliki status sebagai mahasiswa.

Informasi mengenai penelitian ini dapat ditemukan pada media sosial instagram dan tiktok resmi @pkmrsh.disc dan juga X @pkmrsh_disc. (Maysali/Humas)