Meriahkan Malam Puncak Tirakatan, KKN MAS Tim 76 Kolaborasi dengan Karang Taruna Adzka Dukuh Ngombakan Rt 02 Rw 05

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharjo, 26 Agustus 2024 – Kegiatan malam puncak tirakatan, Desa Ngombakan. Kelompok KKNMAS 76 menerima undangan dalam kegiatan malam puncak tirakatan dan berkolaborasi dengan karang taruna ADZKA Dukuh Ngombakan RT 02 RW 05. Acara dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Kegiatan ini diadakan didepan pos ronda dukuh ngombakan dan berhasil menarik perhatian warga dari berbagai usia. Mereka berkumpul untuk merayakan, meriahkan dan melestarikan budaya lokal yang kian memudar sesuai dengan temanya jadul.

Kegiatan ini dilakukan untuk melestarikan budaya yang kian memudar. Bukan hanya sekedar berkumpul dan bernostalgia, malam tirakatan menjadi momen refleksi atas perjuangan para pahlawan serta mengingat akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.

Beberapa pertunjukan seni, seperti dance anak², tarian daerah muda-mudi dukuh ngombakan, tarian ibu², tari gambyong pemudi, tapak suci, tari daerah perau layar ibu-ibu, turut mennghidupkan suasana malam yang penuh semangat kebersamaan.

Acara malam puncak tirakatan ditutup dengan pertunjukan musik jadul dan para warga sangat antusias meriahkan malam puncak tirakatan. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Ngombakan serta para tokoh setempat.

Kesuksesan acara ini menjadi bukti bahwa melalui kolaborasi dengan karang taruna ADZKA berhasil menjaga keutuhan nilai budaya lokal yang kian memudar di tengah arus modernisasi. Warga sangat berharap acara ini bisa terus diadakan dan dapat meriah seperti ini lagi.

(KKNMAS kelompok 76 Desa Ngombakan)