Keren! KKN MAs Ikut Berpartisipasi Dalam Rutinitas Panen Jamur Kuping Milik Warga di Dusun Kuryo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar, 27 Agustus 2024 – Selasa Pagi tepat pada pukul 08:00 , KKN MAs merasa bersemangat karena dapat ikut berpartisipasi dalam rutinitas warga Desa Dusun Kuryo yaitu memetik jamur kuping yang sudah berumur 1,5 – 2 bulan yang sudah siap panen. Lokasi pemanenan tidak jauh dari posko KKN, melainkan hanya berjarak sekitar 50 meter.

Selain berprofesi sebagai petani cengkeh dan sayuran, warga desa Wonorejo khususnya di Dusun Kuryo juga memanfatkan lahan dengan bertani jamur kuping. Oleh karena itu, apabila berlalu di Dusun ini akan banyak menjumpai rumah tinggi berbungkus plastik hitam sebagi tempat budidaya jamur kuping.

Setelah dipanen, warga desa biasanya langsung menjual hasil panen jamur kuping ke beberapa orang atau bisa langsung dijual di pasar. Namun tidak, jarang juga warga banyak yang mengeringkan jamur untuk kemudian di impor ke luar kota untuk dijadikan olahan makanan khas palembang yaitu tekwan dan model.

Setelah panen selesai, warga desa bersama tim KKN MAs pun rehat sejenak sambil disuguhkan beberapa hidangan. Hal ini memang sudah seperti tradisi warga Dusun Kuryo apabila ada warga yang hendak panen maka warga desa lain ikut membantu. Tim KKN Mas pun merasa senang karena dapat melihat proses pemanen secara langsung di tempat budidaya jamur kuping
( Tim KKN MAs Desa Wonorejo)