Hadirkan Narasumber Kompeten, KMTI UMS Kembali Menggelar Seminar Nasional Wirausaha

ums.ac.id, SURAKARTA – Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (KMTI) Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah (UMS) kembali menggelar Unity in Seminar of Enterpreneurship (USE) bertajuk ‘Ready to Go and Start Their Own Businesses in the Younger Generation’ pada Kamis, (12/9) di Ruang Sidang Gedung Pascasarjana UMS.

USE merupakan seminar berskala nasional yang menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang kewirausahaan. Kegiatan ini merupakan salah satu Program Kerja (Proker) KMTI dan sebagai penunjang salah satu mata kuliah yang ada di Fakultas Teknik yaitu Kewirausahaan.

Diselenggarakan setiap tahun, kegiatan tersebut bertujuan agar para mahasiswa baru terkhususnya bisa memiliki gambaran karena dalam Teknik Industri banyak mahasiswa yang memiliki wirausaha atau Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) bisa tergugah atau memiliki inovasi ataupun wawasan yang lebih luas secara komprehensif dan dipahami.

Ketua Umum KMTI, Mizan Muharya Qotrunnada menjelaskan kegiatan ini nantinya akan berguna untuk mahasiswa yang memiliki inovasi karena di Teknik Industri terdapat satu output dari USE yaitu adanya kelulusan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Adanya kelulusan PKM ini agar teman-teman di sini bisa tergugah untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih jauh,” jelas Mizan.

Pada tahun ini, panitia KMTI menghadirkan Umi Latifah sebagai narasumber, di mana dia merupakan pemilik Himeku Indonesia yang bergerak di bidang kiwirausahaan dan memangku brand lokal dan berhasil melambungkan brandnya di kalangan masyarakat.

Martha Antika Anggraheni selaku Ketua Pelaksana menyampaikan alasan mengapa memilih Umi Latifah sebagai narasumber karena dia merupakan wirausahawan yang terhitung masih muda namun usahanya sudah melambung tinggi dan tingkat penjualannya juga sudah tinggi.

“Kak Umi ini terhitung masih muda memiliki usaha yang sudah besar dan brand nya pun sudah banyak diketahui, serta tingkat penjualannya terhitung tinggi jadi kita dari panitia mengundang kak Umi untuk menjadi narasumber,” jelasnya.

Sementara itu, Arga Seta Asmara Sakti, S.T., M.T. selaku Dosen Teknik Industri UMS berharap semoga dengan adanya seminar ini banyak memberi manfaat yang bisa diambil, dan banyak memberi pelajaran, dengan kegiatan ini semoga nanti ilmu yang didapat dapat digunakan dan bisa diterapkan untuk kedepannya.

Dalam seminar tersebut Umi Latifah menyampaikan beberapa cara untuk memulai berusaha, yaitu: Niat dan mau mencoba; Menentukan ide bisnis; Menentukan sasaran; Mengatur strategi pemasaran; Modal; dan Konsisten untuk terus bermotivasi.

Umi menegaskan, pada dasarnya untuk memulai usaha memang diperlukan niat dan keberanian untuk mencoba segala sesuatu yang diawali dengan niat yang kuat dan keberanian untuk mengambil langkah pertama dalam melakukan suatu usaha.

“Seperti kata pepatah mengatakan lebih baik menyesal karena tidak pernah mencoba sesuatu daripada menyesal karena tidak pernah mencoba sama sekali,” pungkas Umi di penghujung materi. (Habibah/Humas)