You are currently viewing Dekan Fakultas Agama Islam UMS dapat Undangan Umrah Gratis dari Raja Salman

Dekan Fakultas Agama Islam UMS dapat Undangan Umrah Gratis dari Raja Salman

RADARSOLO.COM – Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta Syamsul Hidayat mendapatkan undangan umrah gratis.

Hadiah tersebut diberikan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. Undangan umrah ini merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Arab Saudi dengan Republik Indonesia.

Syamsul menjelaskan, ada 59 orang yang berangkat umrah ke Arab Saudi. Dari total 61 warga negara Indonesia (WNI) yang diundang Raja Salman.

Sebelumnya pada musim haji 2023, Badan Pengurus Harian (BPH) UMS K.H. Ahmad Dahlan Rais berangkat haji sebagai tamu raja.

“Undangan ini juga termasuk kerja sama kedutaan besar Arab Saudi dengan Muhammadiyah. Khususnya dengan UMS untuk penempatan dai atau relawan tenaga dosen di FAI UMS. Termasuk juga di Pondok Shabran sejak 1998-2010,” kata Syamsul, kemarin (3/1).

Syamsul menambahkan, dari 59 orang yang berangkat, tujuh di antarnya dari Muhamadiyah. Rinciannya masing-masing seorang dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau, UMS, PWM Sumatera Barat, Universitas Muhammadiyah Riau, dan UHAMKA. Serta dua perwakilan dari Universitas Ahmad Dahlan.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amoodi mengaku, hadiah umrah gratis adalah bentuk perhatian dari Raja Salman terhadap seluruh umat Islam di dunia. Terlebih Indonesia yang memiliki jumlah penduduk muslim terbesar.

“Arab Saudi membantu umat Islam di berbagai negara, salah satunya melalui program umrah. Tidak lain karena perhatian Raja Salman terhadap umat Islam di seluruh dunia, terutama Indonesia,” ungkapnya di Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, Selasa (2/1).

Faisal menyebut, peserta umrah gratis berasal dari seluruh kalangan dan daerah. Mereka akan melaksanakan umrah pada 3-14 Januari.

“Masa perjalanan peserta dari 3 Januari. Kemudian nanti akan kembali ke Tanah Air pada 14 Januari,” terang Faisal. (fer)

Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/pendidikan/843694819/dekan-fakultas-agama-islam-ums-dapat-undangan-umrah-gratis-dari-raja-salman