You are currently viewing Jelang Wisuda, Jangan Lupakan BAPS

Jelang Wisuda, Jangan Lupakan BAPS

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Semua mahasiswa tingkat akhir yang akan melaksanakan pemberkasan wajib mengikuti program Baitul Arqam Purna Studi (BAPS). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pondok Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LPPIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) itu bertujuan untuk mengingatkan atau menyegarkan kembali ilmu agama mahasiswa yang pernah didapatkan sebelumnya untuk dapat diterapkan secara langsung di dunia kerja atau setelah kelulusan.

Kepala LPPIK UMS Dr., Imron Rosyadi, M.Ag., mengutarakan bahwa pelaksanaan BAPS pada tahun 2024 terdekat yaitu BAPS 28 yang akan diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 2024. Pada periode BAPS tersebut, banyak yang berminat untuk mengikuti.

“Banyak yang berminat mengikuti BAPS,” kata Imron, Kamis, (11/1).

Imron juga mengatakan, pembagian kloter pada BAPS 28 sesuai dengan daftar tanggal yang diinginkan mahasiswa. Agar tidak menjadi penumpukan pada kloter, sistem akan tertutup secara otomatis.

“Jika pendaftar sudah 850 mahasiswa, maka sistem akan otomatis tertutup,” jelas Kepala LPPIK.

Peserta BAPS diakomodir dari Pendaftar Kuota Reguler dengan jumlah 850 dan Kuota Khusus tidak dibatasi. Kuota Reguler adalah kuota yang diperuntukkan bagi semua mahasiswa S1 UMS yang telah memenuhi ketentuan sebagai peserta BAPS. Minimal telah menempuh 80 SKS atau mahasiswa Semester 6. Sedangkan Kuota Khusus adalah kuota tambahan yang disediakan bagi mahasiswa yang telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) namun belum dinyatakan Lulus BAPS serta belum mendaftar pada Kuota Reguler.

Pendaftaran BAPS 28 dan 29 telah dibuka pada Jum’at, 5 Januari 2024 dan BAPS 28 akan ditutup pada Rabu, 17 Januari 2024 pukul 08.00 WIB. Sedangkan BAPS 29 akan ditutup pada Jum’at, 26 Januari 2024 pukul 08.00 WIB mendatang. Penyelenggaraan kegiatan BAPS ini dilakukan di Masjid Hj. Sudalmiyah Rais Kampus 2 UMS.

Syarat untuk dapat mengikuti BAPS yaitu dengan melampirkan file SKL atau BAUS/BAP/LoA/OBE/Jadwal Ujian Skripsi dengan format dokumen PDF. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar Pendaftaran, Pengumuman Lulus, Sertifikat BAPS, dapat melalui laman https://s.id/TGROUP-BAPSUMS. (Yusuf/Humas)