You are currently viewing 240 Peserta Ikuti SILAT APIK Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah2024

240 Peserta Ikuti SILAT APIK Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah2024

Suasana penjelasan penyelenggara Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Studi Ilmu Komunikasi-Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (SILAT APIK-PTMA) 2024 yang digelar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka).(270224/Bagus Adji)

SURAKARTA(SUARABARU.ID)– Sebanyak 240 peserta mengikuti Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Studi Ilmu Komunikasi-Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah(SILAT APIK-PTMA) 2024 yang digelar Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka).

Kegiatan yang mengusung tema” Society and Communication in The Digital Era” diperkirakan bakal diikuti 150 mahasiswa dan 200 dosen dari 35 program studi Ilmu Komunikasi dibawah naungan APIK-PTMA seluruh Indonesia serta bakal berlangsung 28 – 29 Februari 2024.

“Penunjukan sebagai tuan rumah kegiatan berlangsung dalam diskusi,. Pemilihan disertai ketentuan yakni perguruan tinggi yang siap untuk menjadi tuan rumah dan menerima tamu dari PTMA seluruh Indonesia,” Wakil Ketua Acara SILAT APIK-PTMA 2024, Nieldya Nofandrilla, S.E., M.A. dalam jumpa pers di Solo, Selasaa (27/2)

Masih dalam kesempatan yang sama Ketua Acara SILAT APIK-PTMA 2024 Agus Triyono, M.Si., menjelaskan, kegiatan dimulai dengan penyelenggaraan workshop di kelas selama 90 pada hari pertama penyelenggaraan.

Berikutnya para mahasiswa diarahkan menuju beberapa titik kebudayaan Solo. Hari kedua, peserta mahasiswa akan diajak City Tour. Obyek utama yang akan dikunjungi yakni Lokananta Records, Perum Percetakan Negara R.I. Cabang Surakarta. Salah satu hal yang terpenting yaitu untuk melihat potret perkembangan rekaman di Indonesia.

Masih pada hari kedua, peserta dosen akan diajak menuju desa binaan kampung edukasi Prodi Ilmu Komunikasi UMS di Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali yang sudah dirintis selama 2-3 tahun.

“Di sana akan dilakukan sharing pengelolaan desa wisata, pemberdayaan masyarakat, serta kontribusi yang diberikan UMS sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi,” terangnya.

Sementara itu Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UMS, Sidiq Setyawan, M.I.Kom., menambahkan, tujuan utama penyelenggaraan kegiatan yakni sebagai sarana kolaboratif Program Studi Ilmu Komunikasi antar PTMA untuk saling bersinergi dalam menciptakan luaran yang kolektif.

“Untuk meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik,” tambah Sidiq.

Ditambahkan, rangkaian acara SILAT APIK-PTMA 2024 meliputi pembukaan, Kongres, Workshop, Kompetisi, dan ditutup dengan Awarding.

Sumber: https://suarabaru.id/2024/02/28/240-peserta-ikuti-silat-apik-perguruan-tinggi-muhammadiyah-dan-aisyiyah2024