You are currently viewing Makin Dapat Kepercayaan Masyarakat, PMB UMS Alami Peningkatan dari Berbagai Sisi

Makin Dapat Kepercayaan Masyarakat, PMB UMS Alami Peningkatan dari Berbagai Sisi

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Menjadi perguruan tinggi unggulan menjadikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) semakin diminati dan dipercaya oleh masyarakat sebagai tempat untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada tahun 2024 ini, UMS menetapkan target mahasiswa yang melakukan registrasi sebagai bagian dari UMS sebanyak 8.000 mahasiswa baru.

“Dari tahun ke tahun sebenarnya targetnya 8000 mahasiswa. Kita lihat dari sistem sepuluh tahun terakhir, targetnya 8000 mahasiswa yang registrasi di UMS,” ungkap Mohamad Joehan Fadhkurridha, S.T., Koordinator ODS UMS Minggu, (25/2).

Sedangkan jika dilihat dari jumlah pendaftarnya, grafiknya cukup fluktuatif dari tahun ke tahun. Pada tahun 2023, total pendaftar mencapai 27 ribu pendaftar, sedangkan jika dilihat melalui pemantauan sistem, secara real time pendaftaran di UMS mengalami peningkatan pada periode ini.

Progres peningkatan pendaftar atau registrasi menurut Joehan menjadi buah dari jerih payah tim promosi dan UMS dalam mengenalkan keunggulan mereka.

Dia menerangkan, beberapa langkah yang dilakukan oleh tim Penerimaan Mahasiswa Baru adalah dengan menggencarkan ke promosi dengan mengikuti berbagai expo, memperbanyak penyelenggaraan workshop, juga penambahan staff promosi.

Juga adanya promosi-promosi yang dibantu oleh tim Humas UMS melalui akun resmi media sosial @umsofficialid .

Berdasarkan pantauan data dari sistem (24/2), Prodi Pendidikan Kedokteran menjadi prodi yang paling diminati dengan keketatan 8 kali lipat dari kuota yang tersedia, disusul dengan prodi Farmasi dengan keketatan 6 kali lipat. Untuk prodi dengan program internasional, masih memiliki banyak peluang untuk mendapatkan kesempatan mengampu di kelas internasional.

Adapun prodi yang sekiranya kurang mendapatkan perhatian dari calon mahasiswa, Staff PMB akan melakukan evaluasi.

“Perlu kita evaluasi bersama agar bisa mengikuti dan mengejar perkembangan dari prodi-prodi lainnya,” jelas Joehan.

Saat ini, UMS juga sedang melakukan proses penyeleksian administrasi dari pendaftar beasiswa. Koordinator ODS UMS menyampaikan, beasiswa batch ini, based on data mengalami kenaikan pendaftar dari tahun sebelumnya. Terlebih lagi tahun ini ada pembaruan sistem seleksi. Jadi sudah tidak melalui token sekolahan, bisa dilakukan pendaftaran secara mandiri.

“Maka dari itu pendaftarnya melambung tinggi sekali penambahannya. Jadi sangat antusias masyarakat umum untuk ikut mendaftar di UMS di jalur beasiswa,” pungkasnya. (Maysali/Humas)