You are currently viewing Menuju WCU 2029, Rektor UMS Dorong Dosen Menjadi Guru Besar

Menuju WCU 2029, Rektor UMS Dorong Dosen Menjadi Guru Besar

Rektor UMS bersama tiga guru besar yang baru dikukuhkan (Endang Kusumastuti)

SUARAKARYA.ID: Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Prof Sofyan Anif mendorong dosen UMS menjadi guru besar. Ini untuk mendukung UMS menuju World Class University (WCU) 2029.

“Saat ini UMS memiliki 49 guru besar, baik yang sudah meninggal maupun yang pindah dan mengundurkan diri,” jelas Rektor UMS di sela-sela pengukuhan tiga guru besar baru UMS, di Edutorium KH Ahmad Dahlan, Solo, Jumat (17/2/2024).

Tiga guru besar yang baru dikukuhkan tersebut, semuanya merupakan guru besar ekonomi dan bisnis. Menurut Sofyan, ini melengkapi guru besar di program studi (prodi) S3 Fakultas Ekonomi.

“Dengan tambahan profesor ini bisa meningkatkan reputasi UMS terutana akreditasi peningkatan junlah riset dan jurnal publikasi internasional,” jelasnya lagi.

Sofyan menyembut ini akan simultan dengan pencanangan UMS sebagai WCU tahun 2029. Karena ada persyaratan mengenai jumlah riset dan jjurnal yang harus dilakukan.

“Sebenarnya sudah lumayan, kalau jurnal yang terindeks Scopus sudah ada 2.000 an kalau yang terindeks Sinta ada 3.500 an,” katanya.

Tetapi dari semua dosen di UMS, baru 40 persen yang melakukan riset. Dirinya mendorong ada tambahan 20 persen lagi, dosen yang melakukan riset.

“Sehingga nantinya menjadi 60 persen sehingga memenuhi syarat WCU. Kita akan mempermudah dosen yang akan melakukan riset sehingga kelulusannya juga cepat,” katanya lagi.

Sementara itu, tiga guru besar baru yang dikukuhkan adalah Prof. Ihwan Susila, S.E. M.Si, Ph.D, Prof. M Farid Wajdi, S.E., M.M, serta Prof. Dr. Zulfikar, S.E., M.Si. Ketiganya adalah Guru Besar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Prof Ihwan Susila mengangkat topik pada pidato pengukuhan Guru Besar UMS, ‘Kepercayaan, Harapan, dan Komunikasi Simbolik: Sebuah Kajian Perilaku Pemilih Muda dalam Perspektif Pemasaran Politik’.

Sedangkan Prof M Farid Wajdi, dalam pidato pengukuhan mengangkat tema Orientasi Strategis Meraih Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan Organisasi. Dan Prof Zulfikar, mengangkat judul Etika Bisnis dan Profesional Akuntan dalam Perspektif Moral Sustainability.***

Sumber: https://www.suarakarya.id/nasional/26011902520/menuju-wcu-2029-rektor-ums-dorong-dosen-menjadi-guru-besar