You are currently viewing Prodi Pendidikan Matematika UMS Gelar Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Prodi Pendidikan Matematika UMS Gelar Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

  • Post author:
  • Post category:Berita

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS menyelenggarakan Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) yang ke IV. Konferensi ini mengangkat tema penting dalam perkembangan di bidang tekonolgi industri yaitu ‘Meningkatkan Literasi Matematika Untuk Menyongsong Revolusi Industri 4.0’.

Konferensi yang berlangsung pada Rabu (27/3) di Auditorium Moh. Djazman UMS ini berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Matematika UMS.

Adapun tujuan dari konferensi penelitian tersebut untuk mendesiminasikan hasil penelitian matematika. “Sehingga akan disebarluaskan kepada peserta dari para peneliti, pakar, guru, dosen, mahasiswa yang telah meneliti perkembangan industry 4.0 terkait literasi matematika,” ujar Naufal Ishartono, S.Pd., M.Pd. panitia konferensi yang juga dosen Pendidikan Matematika UMS.

Sesuai denga nama kegiatannya yakni Konferensi Nasional, acara tersebut dikuti sebanyak kurang lebih 127 peserta, yang datang dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga di Indonesia. Selain itu terdapat 149 makalah yang didaftarkan, kemudian diseleksi menjadi 64 makalah yang lolos. Dari 64 makalah tersebut akan dicari 30 terbaik untuk dipublikasikan supaya terindeks IOP Scopus, dan sisanya melalui ISSN.

Para peserta menggelar presentasi pararel di siang harinya, dan sebelumnya peserta mendapat pemaparan materi dari para narasumber yang diundang. Keynote speaker kali ini dari Prof. Agus Subekti, M.Sc., Ph.D, ketua tim panduan penelitian 2019 DRPM Kemenristekdikti.

Dilanjutkan oleh pembicara pertama yaitu Prof. Drs. Basuki Widodo, M.Sc., Ph.D, Presiden IndoMS dan juga guru besar di ITS. Kemudian hadir juga Prof. Dr. Yus Mochamad Cholily seorang guru besar di UMM, yang menyampaikan materinya dengan judul Literasi Matematika di Era 4.0. Turut hadir juga Rektor UMS Dr. Sofyan Anif, M.Si. diawal pembukaan acara dilaksankan. (Risqi)