You are currently viewing Satu-satunya di Solo, Prodi Profesi Dietisien UMS Buka Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2024/2025

Satu-satunya di Solo, Prodi Profesi Dietisien UMS Buka Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2024/2025

ums.ac.id, SOLO – Program Pendidikan Profesi Dietisien Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2024/2025. Pendaftaran itu dibuka mulai 22 April – 22 Juni 2024.

Kepala Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien FIK UMS, Dr., Dwi Sarbini, SST., M.Kes., menjelaskan bahwa Program Pendidikan Profesi Dietisien FIK UMS merupakan program pendidikan baru di UMS dengan izin pendirian dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI dengan SK No. 196/E/O/2024 tangga 15 Februari 2024.

“Program Pendidikan Profesi Dietisien levelnya satu tingkat lebih lebih tinggi dari pendidikan S1 Gizi. Lulusan Program Pendidikan Profesi Dietisien dapat memberikan saran mengenai diet untuk pasien kepada tim medis lainnya di rumah sakit. Sarjana gizi yang akan bekerja di rumah sakit wajib melanjutkan Program Pendidikan Profesi Dietisien,” jelas Kaprodi saat ditemui pada Jum’at, (26/4).

Visi dari Prodi Profesi Dietisien, Dwi melanjutkan, menjadi pusat pendidikan dietisien yang islami dan unggul dalam formulasi dan implementasi makanan enteral sesuai kebutuhan klien berbasis bahan pangan lokal di dalam maupun luar negeri pada tahun 2029.

Dwi menambahkan, Program Pendidikan Profesi Dietisien FIK UMS mempunyai kekhasan atau keunggulan dalam formulasi dan implementasi makanan enteral berbasis pangan lokal untuk menanggulangi permasalahan gizi di masyarakat menuju kemaslahatan kehidupan manusia.

Dijelaskan juga profil lulusan Program Pendidikan Profesi Dietisien FIK UMS adalah dietisien yang Islami yang mampu mengelola pelayanan gizi dan dietetik secara mandiri dan profesional berdasarkan prinsip ilmu gizi, biomedik, pangan, dietetik dan humaniora yang unggul di bidang pengembangan makanan enteral berbasis bahan pangan lokal dan memiliki nilai-nilai Islami, kebaikan bersama, wawasan keIndonesiaan dan keterampilan hidup dijabarkan dalam “nu3cure” meliputi: (1) Nutrition Care Provider; (2) Nutrition Counselor and Educator; (3) Nutrition Manager/Leader; (4) Communicator; (5) Researcher.

“Lulusan Prodi Profesi Dietisien atau Registered Dietitian (RD) dapat bekerja sebagai dietisien di fasilitas kesehatan (rumah sakit), industri makanan, kementrian kesehatan hingga lembaga non pemerintah. RD dapat merekomendasikan dan memiliki pengaruh terhadap kebijakan gizi dan kesehatan seluruh lapisan masyarakat,” tambah Dwi.

Untuk syarat pendaftarannya. Pertama peserta melengkapi berkas dengan format pdf, meliputi: (a) Ijasah S1; (b) Transkrip Nilai S1; (c) Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Rumah Sakit; (d) Hasil Psikotes dari Lembaga BKPP UMS atau Lembaga Psikolog lainnya. Syarat ke Dua, peserta Fresh Graduate (belum bekerja) dengan IPK S1 minimal 3.00. Syarat ke Tiga, jika memiliki sertifikat kejuaraan akademik atau non-akademik, silahkan lampirkan berupa scan (sertifikat maksimal 2 tahun terakhir). Syarat terakhir, membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 400.000.

Pada alur pendaftarannya, calon mahasiswa mendaftar secara online melalui laman ods.ums.ac.id, kemudian pilih DAFTAR PROGRAM PROFESI. Selanjutnya, silahkan melengkapi formulir data diri dan dokumen ijazah, transkrip, dan sertifikat akreditasi yang diperlukan. Kemudian silakan membayar biaya pendaftaran. Mengikuti seleksi ujian tulis bersama secara offline dengan sistem One Day Service (ODS) di UMS. Selanjutnya, peserta mengikuti seleksi wawancara secara offline di Program Studi Profesi Dietisien FIK UMS. Setelah itu peserta menunggu hasil seleksi, cek berkala pada akun pendaftaran. Jika hasil seleksi dinyatakan lulus, silakan cetak sertifikat lulus dan melakukan pelunasan biaya studi. Selanjutnya silakan melakukan registrasi secara online dan cetak bukti registrasi (mendapatkan NIM). Terakhir registrasi final di UMS untuk mendapatkan Kartu Mahasiswa.

Informasi lebih lanjut prosedur pendaftaran dapat menghubungi E-Mail: pmb@ums.ac.id, Telp: 0271-717417, wa.me/6281227000102. Atau datang langsung ke kantor Admisi PMB UMS di Gedung Induk Siti Walidah Lt. 2, Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Kartasura, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, 57169, Jawa Tengah, pada Jam Kerja: 08.00-15.00. (Yusuf/Humas)