You are currently viewing Tahun 2025, Rektor UMS Targetkan Kelola 10 Prodi S3 dan 28 Prodi S2

Tahun 2025, Rektor UMS Targetkan Kelola 10 Prodi S3 dan 28 Prodi S2

 

PABELAN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM-Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof. Sofyan Anif, mengatakan UMS kembali akan mengukuhkan dua orang guru besar. Selain itu, dalam waktu tak lama, UMS juga akan menambah dua program studi (prodi) S3 Bahasa Indonesia dan Ilmu Manajemen. Dengan demikian, pada 2025 mendatang, UMS menargetkan mengelola 10 prodi S3 dan 28 prodi S2.

Prof. Sofyan Anif menyampaikan informasi tersebut pada acara Silaturahmi dan Halalbihalal Keluarga Besar UMS, Sabtu (20/4/2024, di Auditorium Moh. Djazman Kampus 1 UMS. Rektor UMS menyampaikan kedua guru besar yang akan dikukuhkan tersebut adalah Kuswaji Dwi Priyono dari Fakultas Geografi, dan Ambarwati dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

“Tidak hanya itu, alhamdulillah pada pertengahan bulan Ramadan lalu, UMS telah melakukan proses evaluasi pendirian dua program studi S3 Bahasa Indonesia dan S3 Manajemen. Semoga setelah itu bisa segera disusul program studi S3 Matematika dan Kesehatan Masyarakat. Insya Allah pada tahun 2025 UMS punya 10 prodi S3, dan 28 prodi S2,” tambah Sofyan Anif.

Dengan bertambahnya guru besar maupun program studi yang ada di UMS, maka semakin memperkuat UMS menjadi World Class University. Rektor mengucapkan terima kasih kepada dosen, tenaga pendidik dan seluruh bagian dari UMS yang telah memberikan kontribusi untuk kemajuan bersama. “UMS bisa besar bukan hanya karena pimpinannya saja, tetapi seluruh bagian dari UMS turut memberikan sumbangsih kemajuan UMS,” tegasnya.

Persiapkan diri

Sofyan Anif mengungkapkan, setelah libur Idul Fitri 1445 H yang cukup panjang ini, Rektor berharap para dosen dan tenaga pendidik dapat mempersiapkan dengan baik, untuk kembali masuk kuliah dengan agenda ujian tengah semester (UTS). “Semoga kita memiliki komitmen, semangat dan motivasi baru dalam bekerja di UMS, sehingga dapat meningkatkan kinerja di unit manapun,” ungkap Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan itu.

Dalam kesempatan itu, Wakil Rektor IV UMS, Prof. E.M. Sutrisna, melaporkan acara ini merupakan tradisi syawalan Halalbihalal yang merupakan acara tunggal dengan menghadirkan narasumber Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman. “Selamat datang dalam acara Halal Bihalal UMS, dan setelah itu kita akan sama-sama mengikhlaskan semua perbuatan lisan maupun perbuatan kita sebelumnya,” ujarnya.

Dia berharap, dengan adanya acara ini, mudah-mudahan jemaah UMS ini menjadi jemaah yang diberi rahmat Allah SWT sehingga mendapatkan keselamatan dunia maupun akhirat.

Sumber: https://muhammadiyahsolo.com/20240420/tahun-2025-rektor-ums-targetkan-kelola-10-prodi-s3-dan-28-prodi-s2-5644