You are currently viewing Alhamdulillah! Prodi Sarjana Kedokteran dan Profesi Kedokteran UMS Terakreditasi Unggul

Alhamdulillah! Prodi Sarjana Kedokteran dan Profesi Kedokteran UMS Terakreditasi Unggul

ums.ac.id, PABELAN – Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil mendapatkan akreditas Unggul untuk dua Program studi, yaitu Prodi Sarjana Kedokteran Surat Keputusan (SK) No. 0427/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2023 dan Prodi Profesi Kedokteran SK No. 0428/LAM-PTKes/Akr/Pro/VI/2023 berlaku pada tahun 2023 sampai dengan 2028.

Dekan FK UMS, Dr., dr., Flora Ramona SP., M.Kes., Sp.KK, Dipl.STD-HIV., FINSDV., mengungkapkan rasa syukurnya karena Fakultas Kedokteran UMS mampu meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

“Alhamdulillah, capaian ini tentu kerja sama dari tim FK UMS, baik dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan masih banyak lagi. Prinsip kita yaitu kalau ingin berjalan cepat maka berjalanlah sendirian, tetapi kalau mau berjalan jauh dan langgeng kita berjalan bersama-sama, dan prinsip yang berjalan bersama-sama menjadi pilihan kami,” papar Dekan FK UMS pada Rabu, (21/6).

Hasil akreditasi yang didapat saat ini, lanjutnya, tidak lepas dari usaha, doa, dan dukungan dari seluruh pihak yang terlibat. Dorongan pimpinan universitas, sangatlah penting atas capaian ini. Semoga menjadi awal yang positif untuk FK UMS menjadi lebih Unggul dari semua aspek.

Dia juga menyampaikan, sesuai dengan visi misi dan peta keunggulan FK UMS yang berkomitmen untuk mencetak dokter keluarga yang professional religi, Islami, mandiri, berakhlakul karimah serta dapat bekerja dengan interdisipliner dengan berbagai bidang.

“Mohon doa restunya, bahwa akreditasi ini bukan pencapaian akhir, ini merupakan awal untuk berbuat lebih dan lebih lagi untuk kemaslahatan umat manusia,” tambahnya.

Menurutnya, berbagai sarana dan prasarana yang komprehensif, Laboratorium Biomedik, Laboratorium Skill, Laboratorium Ilmu Kedokteran Keluarga, Laboratorium Komputer Medik, dan Field Lab., perpustakaan, 9 rumah sakit Pendidikan, 12 Puskesmas, 3 Desa Binaan dan sebanyak 51 kerjasama kampus baik Nasional maupun Internasional.

“Kami berharap, FK UMS lebih baik maju dan berkembang, bisa memberikan sumbangsih baik bagi sesama umat manusia, nusa, bangsa, maupun agama,” pungkasnya. (Fika/Humas)