You are currently viewing Seru! Menari dan Bernyanyi Bersama pada Malam Socgath 2023 LBIPU UMS

Seru! Menari dan Bernyanyi Bersama pada Malam Socgath 2023 LBIPU UMS

ums.ac.id, SOLO – Lembaga Bahasa dan Ilmu Pengetahuan Umum (LBIPU) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sukses menyelenggarakan pertunjukan bakat para tutor English Tutorial Program (ETP) dalam kegiatan Social Gathering 2023 (Socgath2023).

Social Gathering 2023 digelar di Gedung Auditorium Mohammad Djazman, Kamis (6/7) malam. Di tahun 2023, Socgath mengangkat tema “Proud to Be Gen Ze” yang menyiratkan kreatifitas dan kebanggaan mereka menjadi Gen Z.

BACA JUGA : Tutor English Tutorial Program UMS Siap Tampil Memukau di Gelaran Social Gathering 2023

Ketua LBIPU Dr. M. Thoyibi, M.S, menyampaikan bahwa kegiatan Socgath ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada para tutor untuk dapat merasakan nuansa lingkungan berbahasa Inggris.

“Tujuan utama dari kegiatan social gathering sebenarnya adalah untuk memberikan kesempatan kepada para tutor untuk dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris, secara baik dan benar,” terang Thoyibi.

Socgath juga membawa pesan bahwa bahasa Inggris itu adalah suatu hal yang seharusnya mudah, seru, dan penting. Ke tiga pesan itu terkonsep pada acara Socgath.

BACA JUGA : Tim ECRC UMS Siap Tampil di Ajang Internasional Shell Eco-marathon Asia-Pasific and The Middle East 2023

“Pesan utama dari kegiatan social gathering adalah untuk menyampaikan kepada para tutor bahwa bahasa Inggris itu sebenarnya Easy, Fun, dan Important,” ungkapnya.

Ketua LBIPU itu juga menyampaikan bahwa kegiatan ETP yang diselenggarakan oleh LBIPU berkontribusi meningkatnya student mobility di UMS.

Prof., Dr., Harun Joko Prayitno, M.Hum selaku Wakil Rektor 1 UMS sepakat dengan 3 pesan yang disampaikan oleh Ketua LBIPU, yaitu agar para tutor menanamkan mindset bahasa Inggris itu Easy, Fun, dan Important kepada para peserta ETP.

BACA JUGA : Program Wirausaha Merdeka 2023, UMS dan Kemendikbud Ristek Lakukan Penandatanganan Kerjasama

Harun juga menuturkan bahwa UMS memiliki Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di luar negeri yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Dia berharap para tutor ETP dapat mengambil peran untuk berkolaborasi dengan masyarakat luas.

“Saya berharap adik-adik mahasiswa yang saat ini bergabung di ETP sebagai tutornya bisa mengambil peran di situ,” tuturnya.

Wakil Rektor I UMS dalam acara tersebut turut membarengi para tutor ETP untuk menari bersama pada flash mob “Better When I’m Dancing – Meghan Trainor” sebagai awalan dari keseruan malam gelaran Socgath.

Acara yang menampilkan bakat-bakat para tutor dalam bermain poetry, drama, story telling, menari, menyanyi, dan fashion show meninggalkan kesan tersendiri di hati seorang tutor.

“Seru banget, seru banget. Ada beberapa acara atau bagian dari acara yang out of the box itu lho, dan itu seru banget sih,” kata Narita Dwi Ardiyanti, salah satu tutor ETP dari Divisi 53, dengan semangat.

Menurut Narita, penampilan yang paling berkesan adalah fashion show. Dia juga sempat mendapatkan doorprize karena semangatnya ketika mengikuti flash mob.

Ketua LBIPU mengatakan bahwa kegiatan Socgath 2023 ini menjadi acara gelaran bakat yang tersukses. Dia pribadi menilai penampilan story telling adalah yang paling berkesan karena kemampuan dari story teller yang baik. Acara ini berlangsung setiap tahun. (Maysali/Humas)