You are currently viewing Assesment Beban Kinerja Dosen (BKD) Semester Genap Tahun 2016/2017

Assesment Beban Kinerja Dosen (BKD) Semester Genap Tahun 2016/2017

  • Post author:
  • Post category:Berita

Assesment Beban Kinerja Dosen (BKD) Semester Genap Tahun 2016-2017 Dosen merupakan pendidik professional dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut seperti tercantum dalam UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2009 tentang Dosen.

Kompetensi Dosen menentukan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dan dapat diwujudkan dalam sebuah tindakan profesionalitas Dosen. Keprofesionalitasan seorang dosen yang sudah tersertifikasi akan dinilai dan dievaluasi dalam kegiatan Assessment Beban Kinerja Dosen (BKD).

Bertempat di Auditorium gedung Siti Walidah UMS lantai VII, kegiatan BKD akan diadakan selama tiga hari pada tanggal 12 – 15 Agustusi 2017. BKD tersebut akan di hadiri oleh 86 tim assessor dari UMS, UMS masih mengunakan tiga orang assessor dari UNS yakni Prof. Tulus Haryono, Prof. Adi Sulistyono dan Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, MS.

Empat bidang yang dinilai pada kegiatan BKD yang rutin dilaksanakan tiap bulan Februari dan Agustus, yakni bidang pendidikan-pengajaran; penelitian; pengabdian masyarakat dan penunjang. Beban kerja tersebut harus memenuhi standar sepadan dengan 12 (dua belas) SKS hingga 16 (enam belas SKS) pada tiap semester sesuai kualifikasi akademik masing-masing.

Perlunya evaluasi kinerja dosen pada tiap akhir semester ini merupakan wujud dari akuntabilitas kinerja dosen kepada pihak pemangku kepentingan yang berwenang. Selain itu juga dapat dipakai sebagai acuan dan referensi dosen-dosen lain mengenai standar tugas professional dosen yang kompeten pada bidangnya. “Tugas professional dosen mencakup komptensi pedagogic, profesionalisme, pengabdian dan social yang dibutuhkan dalam praktek nyata sehari-hari,” dan kini UMS telah memiliki pengajar bersertifikat berjumlah 372 dosen.

Memperhatkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2008 tentang penyaluran tunjangan profesi dosen, dengan hormat kami sampaikan jadwal pemberkasan dan penilaian Laporan Beban Kerja Dosen (BKD) sebagai berikut:

Pengumpulan berkas, laporan dan kesimpulan BKD (hardcopy & softcopy) | Sabtu, 12 Agustus 2017 Pukul 08.00 – 16.00 | Auditorium Gedung Siti Walidah Lt.VII

Proses Penilaian | Senin, 14 Agustus 2017 Pukul 08.00 – 16.00 | Auditorium Gedung Siti Walidah Lt.VII

Pengambilan & Perbaikan berkas/ revisi; Penandatanganan Asesor | Selasa, 15 Agustus 2017 Pukul 08.00 – 11.30; Pukul 12.30 – 15.00 | Auditorium Gedung Siti Walidah Lt.VII