You are currently viewing Tim Pengabdian UMS Adakan Pendampingan Pengelolaan dan Otomasi Perpustakaan Sekolah

Tim Pengabdian UMS Adakan Pendampingan Pengelolaan dan Otomasi Perpustakaan Sekolah

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Tim Pengabdian Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Pendidikan Teknik Informatika (PTI), dan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berkolaborasi dengan Perpustakaan UMS melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Tim pengabdian tersebut memberikan “Pendampingan dan Pengelolaan Otomasi Perpustakaan Sekolah” di sekolah mitra. Kegiatan ini merupakan tahap ke dua yang dilakukan oleh tim PkM setelah sebelumnya diadakan magang pustakawan SMP Muhammadiyah 7 Bayat, SMP Muhammadiyah Sinar Fajar, dan SMP Muhammadiyah 1 Klaten di Perpustakaan UMS.

Ketua Tim PkM, Dr., Laili Etika Rahmawati, S.Pd., M.Pd., mengatakan dilaksanakannya PkM ini sebelumnya telah diawali dengan kegiatan magang pustakawan perpustakaan 3 -12 Agustus 2023.  Sebagai tindak lanjut,  kegiatan dilanjutkan dengan pendampingan dan pengelolaan otomasi di perpustakaan.

“Sekolah yang menjadi mitra PkM kami yakni SMP Muhammadiyah 7 Bayat, SMP Muhammadiyah Sinar Fajar dan SMP Muhammadiyah 1 Klaten. Mereka akan diberikan alat otomasi perpustakaan sekaligus pendampingan instalasi dan pengelolaannya. Melalui hibah PkM Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi ini kami berkomitmen untuk mengawal gerakan literasi sekolah,” papar Ketua Tim PkM, Laili, Rabu, (23/8).

Selanjutnya, pada kegiatan PkM tahap ke dua ini, diluncurkan pula pojok baca “UMS Library Corner”, sebagai bentuk fasilitas yang diberikan oleh tim PkM yang telah bekerja sama dengan Perpustakaan UMS untuk meningkatkan literasi baca siswa. Melalui Library Corner ini diharapkan dapat menarik minat siswa untuk membaca dan mendukung gerakan literasi sekolah.

Haryono, S.Pd Kepala SMP Muhammadiyah 7 Bayat menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Saya berharap dengan adanya pojok baca dan buku-buku bacaan yang diberikan, literasi di sekolah dapat semakin meningkat,” ungkap Haryono.

Dalam kegiatan PkM ini juga hadir Kepala Perpustakaan UMS, Maria Husnun Nisa, S.Sos, M.A., yang menyampaikan bahwa literasi merupakan pondasi pokok bagi generasi bangsa Indonesia.

“Saya berharap, adanya pojok baca dan buku-buku yang kami sediakan ini dapat bermanfaat. Dengan membaca satu buku, misalnya buku Hamka karya Ahmad Fuadi satu ini saja, maka akan banyak nilai kehidupan yang bisa siswa petik dan terapkan di kehidupan,” tutur Maria. (Maysali/Humas)