You are currently viewing Bersama WMK 2023 Joko Paloma Ajak Hitung Laba Bisnis Properti

Bersama WMK 2023 Joko Paloma Ajak Hitung Laba Bisnis Properti

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Kembangkan kompetensi wirausaha mahasiswa peserta Wirausaha Merdeka Kampus (WMK) 2023 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Workshop dan Seminar “Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Mahasiswa melalui Program Wirausaha Merdeka”. Kegiatan ini berlokasi di Gedung Auditorium Mohammad Diazman UMS, Rabu (23/8).

WMK UMS mengundang pengusaha sukses untuk berbagi proses perjalanan bisnis pada mahasiswa peserta WMK, Drs., Joko Santosa, Wakil Ketua Organisasi Real Estate Indonesia (REI) Solo Raya, yang telah bergelut di bidang bisnis sejak lama, membagikan kisah hidupnya yang bermula seorang guru dan karyawan di sebuah perusahaan yang akhirnya memulai bisnis jadi pedagang kaki lima (PKL).

Dia mengaku awalnya tidak memiliki pengetahuan bisnis, karena berlatarbelakang sarjana pendidikan, tapi berkat keberanian untuk memulai, saat ini dia telah memilliki bisnis di bidang properti, koperasi, hingga kuliner.

“Banyak orang yang berhasil bukan karena kepandaiannya, tapi karena keberaniannya untuk memulai. Kalian pinter dan berani, hasilnya pasti akan jos,” ucap Joko.

Selain berbagi mengenai bisnisnya, pria yang dikenal dengan nama Joko Paloma ini mengaiak mahasiswa peserta WMK untuk melakukan perhitungan singkat menjadi developer sebuah perumahan, di mulai harga tanah, kontruksi, administrasi hingge laba yang akan didapatkan dari 1 unit rumah yang dibisniskan.

Suroto, S.E, seorang pengusaha solar industri yang saat ini meenjabat sebagai Direktur Lembaga Diklat Profesi Amanah Hasanah, yang juga turut hadir membeberkan materi mengenal “Changed Ourself to Build Business”. Dia mengajak mahasiswa peserta WMK untuk mulai merubah diri menuju lebih baik.

“Ubahlah diri Anda, ubahlah keadaan Anda. Sebelum keadaan merubah Anda dan Anda akan menyesal selamanya,” jelas Suroto. (Eva/Humas)