You are currently viewing UMS Sambut 72 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3

UMS Sambut 72 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, PABELAN – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara khusus, penyambutan Pertukaran Mahasiswa Merdeka ke-3, Tahun 2023 (PMM 3) di Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, Sabtu (9/9)

PMM 3 ini merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia, sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. PMM 3 menargetkan bakal diikuti 204 Perguruan Tinggi (PT) Penerima dan 15.505 mahasiswa peserta program.

Pada tahun ini, UMS kembali dipilih untuk menjadi PT Penerima PMM 3 yang diikuti oleh 72 mahasiswa, terdiri dari 14 Program Studi (Prodi) dari 33 universitas di luar pulau Jawa, seperti Kalimantan, Sulawesi, bahkan Papua.

“Mereka akan kuliah disini selama 1 Semester, selain kuliah di Prodi, mereka juga mengambil Mata Kuliah Modul Nusantara, yangmana mereka akan mempelajari atau mengeksplore kebudayaan dan adat kota Solo (Surakarta) terutama, dan Jawa Tengah,” papar Ketua Panitia sekaligus Staff International Program UMS, Alex Kurniadi, S.Pd.

Alex juga menjelaskan, bahwa tidak semua Universitas bisa menerima PMM, karena sebelumnya harus mengirim proposal ke PT Penerima, jika disetujui, berarti menjadi universitar pilihan, salah satunya UMS.

Pada tahun ini, PMM 3 di UMS terjadi peningkatan jumlah peserta program. Sebelumnya, PMM juga pernah diadakan pada tahun 2021 diikuti sebanyak 18 mahasiswa dan di 2022 diikuti 22 Mahasiswa.

“Diharapkan, setelah diadakan acara seperti ini, nanti bisa memberikan wawasan pada mahasiswa dari luar Jawa yg datang ke sini, jadi mereka ada pemahaman mindset baru,” lanjut Alex

Mahasiswi dari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Janet Marlon Yoseph Marisan, berkesempatan menjadi salah satu mahasiswi yang mengikuti PMM 3 mengungkapkan perasaan bangga karena akhirnya bisa ikut dalam program PMM tahun ini.

“Senang sekali, luar biasa, tahun kemarin 2022 pernah ikut daftar namun tidak lolos, akhirnya belajar dari pengalaman yg lalu dari segala persiapan berkas-berkas diurus, akhirnya tahun ini lolos,” ungkap Janet.

Ia juga berharap, setelah ikut pertukaran pelajar bisa mendapat pengalaman yg lebih banyak di luar kampus asal, supaya saat kembali ke kampus bisa mengimplementasikan yg dia peroleh.

“Sangat senang bisa dapat temen belajar baru,” pungkasnya.

Akhir dari rangkaian penyambutan PMM 3 ini, seluruh peserta diajak berkeliling menggunakan kereta kelinci untuk dikenalkan dengan fakultas-fakultas yang ada di UMS, mulai dari Kampus 4 Fakultas Kedokteran; Kampus 1 Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Hukum, Fakultas Geografi; Kampus 2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Informatika dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Masjid Sudalmiyah Rais, dan berakhir pada Gedung Induk Siti Walidah dan Danau UMS. (Yusuf/Humas)