You are currently viewing Upaya Tingkatkan Kesadaran Literasi Masyarakat, Tim PPK Ormawa Prisma UMS Gagas 5 Pojok Literasi di Desa Grogol

Upaya Tingkatkan Kesadaran Literasi Masyarakat, Tim PPK Ormawa Prisma UMS Gagas 5 Pojok Literasi di Desa Grogol

Sukoharjonews.com (Weru) – Melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Unit Kegiatan Mahasiswa Prisma Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggagas lima pojok literasi di Desa Grogol, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo. Dalam PPK Ormawa UMS kali ini diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat mulai Agustus-Oktober 2023.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Qisty, dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Jumat (29/9/2023), menyampaikan, tema kegiatan ini adalah “Desa Cerdas”. Menurutnya, proposal dari Tim PPK Ormawa Prisma UMS merupakan salah yang lolos dan mendapatkan pendanaan DIKTI.

“Lima pojok literasi ini kami implementasikan di Desa Grogol, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Qisty menyampaikan, permasalahan yang melatarbelakangi program tersebut adalah tidak terdapat taman baca yang dapat memfasilitasi anak-anak dalam pembelajaran akademik maupun non akademik di Desa Grogol. Selain itu, juga masih kurangnya kesadaran dalam mengelola pertanian, belum maksimalnya pemanfaatan pekarangan di lingkungan sekitar, pengelolaan sampah organik dan anorganik masih belum maksimal, serta pengelolaan SDA melimpah tetapi belum dimanfaatkan secara optimal.

“Anak-anak di Desa Grogol masih banyak yang belum bisa menggunakan bahasa Jawa yang baik dengan lawan bicara yang lebih berumur, serta dalam kegiatan yang sudah terselenggara di Desa Grogol, minat remaja mulai menurun yang hanya menghabiskan waktu luangnya untuk bermain gawai masing-masing,” terangnya.

Berdasarkan berbagai permasalahan tersebut, Tim PPK Ormawa Prisma UMS mengadakan lima pojok literasi yang terdiri dari Pojok Literasi Dasar, Pojok Literasi Sains, Pojok Literasi Bahasa dan Budaya, Pojok Literasi Finansial, dan Pojok Literasi Digital dengan fokus kegiatan berupa solusi dari permasalahan yang ada di Desa Grogol.

Maya selaku warga sekaligus aktivis LSM di Desa Grogol mengaku sangat senang dan mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk program yang sangat bermanfaat.

Menurutnya, selain sebagai upaya peningkatan literasi, adanya program tersebut sekaligus menambah aktivitas positif bagi Karang Taruna di Desa Grogol.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Desa Grogol, Herry Puthut Sugiarto, yang menerima tim PPK Ormawa Prisma UMS dengan tangan terbuka. Puthut berharap adanya lima pojok literasi tersebut dapat menjadi pusat aktivitas masyarakat, mengembangkan aktivitas di setiap pojok literasi, menciptakan SDM unggul di Desa Grogol, dan mewujudkan masyarakat Desa Grogol yang sejahtera. (nano)

Sumber : https://sukoharjonews.com/upaya-tingkatkan-kesadaran-literasi-masyarakat-tim-ppk-ormawa-prisma-ums-gagas-5-pojok-literasi-di-desa-grogol/