You are currently viewing BPJS Kesehatan Goes to Campus : Berikan Jaminan Kesehatan Kepada Mahasiswa UMS

BPJS Kesehatan Goes to Campus : Berikan Jaminan Kesehatan Kepada Mahasiswa UMS

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanannya kepada para mahasiswanya, salah satunya melalui peningkatan jaminan kesehatan. Sebelumnya, UMS sendiri dalam memberikan jaminan kesehatan kepada mahasiswanya hanya melalui Muhammadiyah Medical Centre (MMC), namun mulai tahun ini mereka akan diberikan jaminan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal tersebut juga diperkuat oleh pernyataan Dr. M. Abdul Fattah Santosa, M.Ag selaku Wakil Rektor IV UMS dalam acara BPJS Goes to Campus yang diselenggarakan di UMS, Sabtu (14/10/2017).

Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan tersebut atas dasar kerjasama antara UMS dengan BPJS Kesehatan dalam meningkatkan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Berkat hal tersebut pula, mahasiswa UMS mulai dari angkatan 2017 dan selanjutnya akan terus mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS.

Dalam kesempatan ini, Dr. dr. EM Sutrisna, M.Kes selaku Dekan Fakultas Kedokteran UMS menuturkan bahwa para mahasiswa yang tahun ini mulai mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS ini masuk dalam kategori kelas 3. Sedangkan nantinya untuk iuran mereka sendiri akan langsung diambil dari SPP yang mereka bayarkan tiap semester.

“Jadi, mereka yang mulai tahun ini mendapatkan jaminan BPJS Kesehatan akan masuk ke dalam kategori kelas 3. Selain itu nanti untuk iurannya sendiri akan langsung diambilkan dari pembayaran SPP mereka,” ungkapnya ketika ditemui usai acara.

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa dalam pemberian BPJS Kesehatan ini tidak ada yang dobel peserta. Artinya setelah data mereka nanti di screening oleh petugas dan didapatkan bahwa ternyata sebelumnya mereka telah memiliki BPJS Kesehatan, maka data yang lama akan di mutasi ke data yang baru. Sehingga kepemilikan BPJS hanya satu saja.

Agus Purwono selaku Kepala BPJS Kesehatan Kota Solo turut menyampaikan bahwa program BPJS Kesehatan Goes to Campus ini merupakan progam yang dilaksanakan pertama kali di kampus swasta. “UMS merupakan universitas pertama yang bekerjasama dalam mengadakan program BPJS Kesehatan Goes to Campus,” tutupnya. (Khairul)