You are currently viewing Mahasiswi UMS Raih Juara Berbakat Putri dalam Pemilihan Duta GenRe Karanganyar 2023

Mahasiswi UMS Raih Juara Berbakat Putri dalam Pemilihan Duta GenRe Karanganyar 2023

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Mahasiswi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Puput Noviana, berhasil meraih Juara Berbakat Putri dalam Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Karanganyar yang digelar pada Agustus – September 2023 di Karanganyar.

Saat ditemui Selasa, (3/10), Puput mengatakan, terdapat beberapa tahapan dalam pemilihan Duta GenRe Karanganyar. Tahapannya tersebut antara lain tes tertulis, wawancara, dan public speaking. Setelah itu, diambil 10 Pasang Finalis Putra dan Putri untuk melaksanakan Pembekalan, Karantina, dan Seleksi Preliminary.

Dalam Acara itu diperebutkan 5 Juara, yaitu : Juara 1; Juara 2; dan Juara 3, serta dua Juara Kategori yaitu : Juara Favorit, yang berdasarkan jumlah “like” dan “comment” pada Instagram @GenRe_karanganyar, serta Juara Berbakat, yang berdasarkan penampilan bakat yang ditampilkan saat Tes Preliminary.

Dalam persiapannya, Puput belajar mengenai materi Generasi Berencana dan semua hal-hal yang berkaitan dengan Generasi Berencana.

“Selain belajar materi-materinya, saya juga belajar Public Speaking karena menjadi salah satu tes untuk seleksi di pemilihan Duta GenRe, dan berlatih menari untuk saya tampilkan pada Tes Minat Bakat,” lanjut dia.

Saat menjadi finalis 10 Besar, Puput belajar materi yang lebih dalam lagi seperti Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), Penyuluhan – penyuluhan, Data Stunting, dan Pernikahan Dini, khususnya di Kabupaten Karanganyar.

Dia juga bersyukur karena UMS sangat mensupport dalam mengikuti ajang tersebut, terutama Dosen-dosen PTI UMS.

“Alhamdulillah Dosen – dosen PTI sangat support dengan memperbolehkan saya ijin tidak mengikuti perkuliahan dikarenakan harus dikarantina selama dua minggu untuk persiapan Grand Final,” Kata Puput.

Puput sangat bersyukur dan senang bisa meraih Juara Berbakat Putri dalam Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Karanganyar 2023 serta tidak menyangka akan mendapatkan predikat itu, karena menurutnya banyak peserta lainnya yang sudah menjadi duta yang sebenarnya.

Dia berharap kepada mahasiswa UMS yang ingin mengikuti jejaknya namun belum mengetahui apa itu Duta GenRe, untuk mencaritahu Duta GenRe di kabupaten/kota masing masing dan jika ada kesempatan cobalah untuk ikut.

“Karena fokus dari Duta GenRe untuk teman teman remaja agar mereka dapat merencanakan kehidupannya dan masa depannya dengan baik dan lebih matang dan terhindar dari Tiga Masalah Pokok Kesehatan Reproduksi Remaja (TRIAD KRR),” pungkasnya.

Terakhir, ia berpesan kepada mahasiswa UMS untuk jangan takut gagal, dan jika gagal harus bangkit lagi dan ambil segala kesempatan yang datang, karena untuk menuju keberhasilan perlu melewati banyak kegagalan terlebih dahulu. (Yusuf/Humas)