You are currently viewing UMS Tegaskan Sportivitasnya Sebagai Tuan Rumah KRI 2024 Tetap Dijunjung Tinggi

UMS Tegaskan Sportivitasnya Sebagai Tuan Rumah KRI 2024 Tetap Dijunjung Tinggi

ums.ac.id, SOLO – Sebagai Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tegaskan tetap menjunjung tinggi sportivitas. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana KRI 2024 saat memantau jalannya seleksi tahap 2 KRI tingkat wilayah, Senin (29/4).

“Sebagai tuan rumah, kami menjunjung tinggi sportivitas, karena UMS sendiri mengirim timnya. Termasuk untuk menjunjung tinggi sportifitas itu dosen-dosen pembimbing tim robot UMS itu tidak kita libatkan dalam kepanitiaan,” ungkap Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D selaku Ketua Pelaksana KRI 2024.

Pada agenda prestigius ini sendiri, UMS mengirimkan 4 robotnya untuk mengikuti Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

“KRI ini adalah agenda tahunan yang sangat prestigious di kalangan komunitas robot di perguruan tinggi baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Tahun ini ada 7 divisi lomba kontes robot,” ungkap Rois di Edutorium UMS.

Pada penyelenggaran KRI 2024 ini, BPTI memberikan tema untuk masing-masing kontes robot. Tema Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) 2024 yaitu Robot Otonom Penyelamat Pasca Bencana; Kontens Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Humanoid bertema Menggali Kecerdasan Robot Humanoid dalam Bermain Sepakbola Untuk Meningkatan Penerapan Demi Kemaslahatan Kehidupan Manusia; KRSBI Beroda mengacu pada Toward RoboCup Middle Size League (MSL); KRSTI dengan tema Robot Tari Oleg Tamuliliang; KRTMI dengan tema Robot Pemilah Sampah; dan KRAI dengan tema Harvest Day; serta Kontes Robot Bawah Air untuk Inovasi Desain Robot Otonom Bawah Air.

Pada kontes ini memungkinkan akan dihadiri oleh sekitar 2000 peserta dan suporter, terutama para pecinta robot.

“Mari datang nanti di Edutorium UMS pada bulan Juli, dalam putaran final KRI 2024 yang diselenggarakan secara luring,” pungkasnya. (Maysali/Humas)