You are currently viewing Parkiran Kampus UMS Ambruk, Warek: 50 Motor Mahasiswa Tertimpa

Parkiran Kampus UMS Ambruk, Warek: 50 Motor Mahasiswa Tertimpa

Sukoharjo – Puluhan motor milik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) rusak tertimpa atap parkiran Kampus 1 UMS yang roboh didera hujan dan angin kencang. Pihak kampus menyebut akan membantu perbaikan motor-motor tersebut. Wakil Rektor II UMS Solo, Prof Dr Muhammad Da’i mengatakan, dari hasil inventarisir pihak kampus, ada empat blok atap parkir yang roboh.

“Kurang lebih ada 50 motor mahasiswa yang tertimpa atap itu. Kerusakannya ada yang parah ada yang ringan,” kata Da’i saat dihubungi detikJateng, Kamis (26/10/2023).

Diketahui, peristiwa itu terjadi saat hujan dan angin kencang melanda pada Rabu (25/10) sore. Akibat cuaca buruk itu, sejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo terdampak, termasuk di Kampus UMS. Da’i menjelaskan, pihak kampus tengah mendata motor-motor mahasiswa yang mengalami kerusakan.

“Motor-motor itu kami minta diidentifikasi, nanti kami akan memberikan bantuan perbaikan motor-motor itu,” ujarnya.

Saat ini lokasi parkir motor di Kampus 1 UMS tengah dilakukan pembersihan. Menurut Da’i, sebagian tempat parkir itu sudah bisa digunakan kembali. Namun, sebagian lagi masih ditutup untuk proses pembersihan.

“Kita juga sedang identifikasi pohon-pohon yang sekiranya perlu dipaprasi (dipangkas), untuk mengantisipasi risiko tumbang di musim hujan ini,” pungkas Da’i.

Diberitakan sebelumnya, hujan disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang di Fakultas Farmasi UMS. Pohon itu roboh menimpa tempat parkir. Mahasiswa UMS, Delwin (21), mengatakan hujan disertai angin kencang terjadi pukul 15.30 WIB, Rabu (25/10). Delwin mengatakan ada dua pohon yang tumbang sekitar pukul 16.00 WIB.

“Ada satu pohon yang gede banget sampai nibani (menimpa) dua atap tempat parkiran, yang satu nggak kena parkiran,” kata Delwin, kemarin.

Akibat pohon tumbang itu akses keluar masuk kendaraan menjadi terhalang dan membuat macet. Usai hujan, juga dilaporkan terjadi pemadaman listrik di sekitar Kecamatan Pabelan. Delwin menyebut sekitar pukul 21.00 WIB, petugas dari Lazismu dan warga turut membantu evakuasi pohon tumbang tersebut.

“Tadi waktu mau pulang jam 21.00 WIB itu sudah ada petugas yang mengondisikan, dari Lazismu sama warga setempat itu banyak membantu,” terang Delwin.

Terpisah, Wakil Komandan SAR Sukoharjo, Muchlis, mencatat ada dua atap parkiran UMS yang tertimpa pohon tumbang, yaitu di Fakultas Hukum dan Fakultas Farmasi.

“Yang menangani MDMC, dan sudah klir,” terang Muchlis kepada detikJateng melalui pesan singkat, kemarin.

Sumber :  https://www.detik.com/jateng/berita/d-7002539/parkiran-kampus-ums-ambruk-warek-50-motor-mahasiswa-tertimpa