You are currently viewing Mengenal Mukmeen, Aplikasi Al-Qur’an untuk Penyandang Difabel Karya UMS

Mengenal Mukmeen, Aplikasi Al-Qur’an untuk Penyandang Difabel Karya UMS

Jakarta – Dua mahasiswa program studi Teknik Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menciptakan aplikasi Al-Qur’an untuk penyandang difabel tunarungu.
Tak sembarangan, aplikasi yang bernama Mukmeen ini meraih juara 1 ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVII 2023 pada cabang lomba Musabaqah Desain Aplikasi Alquran (MDAQ). Ajang ini digelar pada 3-9 November lalu di Universitas Brawijaya.

Ketua tim UMS, Aldin Nasrun Minalloh menjelaskan perjuangan timnya hingga sampai ke tahap nasional. Menghadapi 50 tim yang lolos ke tahap presentasi produk, UMS berhasil meraih juara pertama.

“Dari 50 tim lolos ke tahap presentasi, akhirnya terpilih juara 1 sampai 3 dan juara harapan 1 sampai harapan 3. Alhamdulillah UMS juara 1,” jelas Aldin dikutip dari rilis di laman resmi UMS, Senin (13/11/2023).

Cara Kerja Mukmeen
Mukmeen dijelaskan sebagai aplikasi Al-Qur’an mobile atau digital yang memiliki fitur untuk membantu penyandang difabel tunarungu belajar membaca dan memahami makna Al-Qur’an. Salah satu tampilannya adalah Al-Qur’an dengan bahasa isyarat.

“Cara kerjanya nanti saat mode Al Qur’an disabilitas diaktifkan, akan muncul Al Qur’an dengan bahasa isyarat. Fitur ini memudahkan penyintas tunarungu lebih mudah membaca dan memahami makna Al Qur’an,” ungkap Aldin.

Proses pembuatan aplikasi ini diketahui kurang lebih memakan waktu 3 bulan lamanya. Ucok Sayuti salah satu anggota tim bercerita tantangan yang dihadapi ketika proses pengembangan.

Seperti harus melakukan percobaan berkali-kali agar aplikasi bisa berjalan sempurna hingga tantangan yang dihadapi peserta dalam pembagian waktu dalam proses belajar di kampus.

“Tantangannya adalah harus membagi waktu kuliah, tugas, organisasi, dan development aplikasi tersebut,” ujar Ucok.

Melalui prestasi ini, mahasiswa UMS berharap adanya capaian baik di tahun-tahun berikutnya. Sehingga nama UMS bisa harum di tingkat nasional maupun internasional.

Saat ini aplikasi Al Quran digital Mukmeen sudah tersedia di Play Store dan bisa diunduh secara gratis. Jadi, jangan lupa untuk dicoba karya anak bangsa ini ya detikers!

Sumber: https://www.detik.com/edu/edutainment/d-7033944/mengenal-mukmeen-aplikasi-al-quran-untuk-penyandang-difabel-karya-ums