You are currently viewing Motor Mahasiswa UMS Rusak Tertimpa Parkiran, Kampus Akan Bantu Perbaikan

Motor Mahasiswa UMS Rusak Tertimpa Parkiran, Kampus Akan Bantu Perbaikan

Sukoharjo – Pihak kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan memberikan bantuan kepada para mahasiswa yang sepeda motornya rusak tertimpa atap parkir gedung 1 UMS, kemarin. Diketahui, atap parkir itu roboh karena tertimpa pohon yang tumbang saat hujan disertai angin kencang pada Rabu (25/10) sore. Sejumlah sepeda motor milik mahasiswa mengalami kerusakan.

“Dari informasi ada 20 kendaraan yang rusak, tapi ini masih kita data. Ada juga mobil yang rusak ringan kena baret,” kata Humas UMS, Budi Santoso saat dihubungi wartawan, Kamis (26/10/2023).

Budi mengatakan, Rektor UMS berencana memberikan bantuan untuk mahasiswa yang motornya mengalami kerusakan. Namun, Budi belum menjelaskan secara rinci mengenai bantuan tersebut.

“Nanti Pak Rektor memberikan bantuan perbaikan, mekanismenya nggak tahu, apakah nanti ditukar kuitansi secara mandiri. Tapi intinya ada kepedulian dari pihak Rektor kepada korban yang kena musibah,” ucapnya.

Menurut Budi, pohon itu tumbang pada Rabu (25/10) sore setelah didera angin kencang. Pohon berukuran besar itu tumbang dan menimpa parkiran di Kampus 1 UMS.

“Itu kemarin ada angin kencang, angin pohonnya menimpa parkiran di gedung kampus 1 UMS. Itu pohon kan menimpa parkiran dulu dan dahan dan ranting itu baru menimpa itu (kendaraan),” jelasnya.

Usai kejadian tersebut, pihaknya akan melakukan antisipasi dengan memotong pohon dan ranting yang dinilai membahayakan.

“Kampus kita konsepnya kan green campus (kampus hijau), memberikan ruang hidup bagi tumbuhan, tentu ada risiko ketika ada angin, antisipasi akan dilakukan. Mengurangi ranting dan pohon akan dilakukan yang membahayakan,” pungkas Budi.

Penjelasan Wakil Rektor II UMS

Sebelumnya, Wakil Rektor II UMS Solo, Prof Dr Muhammad Da’i mengatakan dari hasil inventarisir pihak kampus, ada empat blok atap parkir yang roboh.

“Kurang lebih ada 50 motor mahasiswa yang tertimpa atap itu. Kerusakannya ada yang parah ada yang ringan,” kata Da’i saat dihubungi detikJateng, Kamis (26/10).

Da’i menjelaskan, pihak kampus tengah mendata motor-motor mahasiswa yang mengalami kerusakan.

“Motor-motor itu kami minta diidentifikasi, nanti kami akan memberikan bantuan perbaikan motor-motor itu,” ujarnya.

Saat ini lokasi parkir motor di Kampus 1 UMS tengah dilakukan pembersihan. Menurut Da’i, sebagian tempat parkir itu sudah bisa digunakan kembali. Namun, sebagian lagi masih ditutup untuk proses pembersihan.

Sumber:  https://www.detik.com/jateng/berita/d-7002582/motor-mahasiswa-ums-rusak-tertimpa-parkiran-kampus-akan-bantu-perbaikan