You are currently viewing FKIP UMS: Tuan Rumah Rakernas XI ALPTK PTMA 2021

FKIP UMS: Tuan Rumah Rakernas XI ALPTK PTMA 2021

  • Post author:
  • Post category:Berita

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi salah satu pelopor tata kelola dan pengembangan LPTK PTMA kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rakernas XI ALPTK PTMA Tahun 2021 di Gedung Edutorium K.H. Ahmad Dahlan, Gedung Termegahnya Bidang Pendidikan di Jawa Tengah, di Kawasan Kompleks Kampus IV Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (LPTK PTMA) ke-11 pada Tahun 2021, 18-20 November 2022 dilaksanakan dalam rangkaian 1 tahun Jelang Muktamar Muhammadiyah ke-48.

Ketua LPTK PTMA Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M. Hum menjelaskan tujuan diselenggarakannya Rakernas ke-11 kali ini antara lain sebagai ajang silaturhmi kelembagaan antar pengurus dan antar anggota ALPTK PTMA

“Tujuan Rakernas ke 11 ini sebagai ajang silaturahmi kelembagaan antar pengurus dan anggota ALPTK PTMA sekaligus mendiskusikan dan merumuskan berbagai hal khusus,” kata Harun.

Adapun tujuan khusus Rakernas kali ini adalah untuk mendiskusikan dan merumuskan antara lain:
(a) Mengkoordiasikan arah dan pengembangan strategis kegiatan akademik, pembelajaran, dan kemahasiswaaan pengelola LPTK PTMA dan APS LPTK PTMA;
(b) Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dan mengembangan LPTK berkelanjutan PPG Reguler & PPG Mandiri LPTK PTMA;
(c) Menghasilkan program-program unggulan magang terintegrasi KKN Dik dan KKN Dik Terintegrasi luar negeri dan DSPAUM melalui program Permata (Pertukaran Mahasiswa Antar Perguruan Tinggi PTMA);
(d) Menyusun dan menetapkan prioritas program dan pengembangan strategis LPTK PTMA memasuki era komunikasi dan komputasi dunia;
(e) Menghasilkan program-program pembelajaran berbasis daring atau blended learning;
(f) Strategi LPTK PTMA dalam meningkatkan OBE, menjalin kerja sama dalam konteks MBKM, dan penguatan kompetensi holistik;
(g) Mengembangkan kerja sama dan kelembagaan strategis LPTK PTMA dan APS LPTK PTMA menuju pembelajaran era industri 4.0, disrupsi, abad 21, literasi, HOTS.

Kegiatan Rakernas tahun ini dihadiri oleh 193 peserta dan 10 pengurus inti dari berbagai pelosok negeri asal LPTK PTMA. Mereka mewakili unsur kelembagaan universitas/sekolah tinggi/institut, fakultas, prodi/jurusan, dan tim pengembang.

Narasumber yang hadir memberikan wawasan inovasi dan penguatan LPTK PTMA rakernas ini antara lain Menko PMK yang diwakili oleh Prof. Raviq Karsidi selaku staf ahli PMK Bidang Pendidikan dan kebudayaan, Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed (Sekretaris Umum PP Muhammadiyah), Ketua Majelis Diktilitbang (Prof. Lincolin Arsyad), Prof. Harun Joko Prayitno (Ketua LPTK PTMA), Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani (Sekretaris Ditjen Dikti), dan Ketua Tim Pengembang Instrumen LAM Dik (Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd), Prof. Sutama Dekan FKIP UMS sebagai Ketua Koordinator Tim kegiatan Klinik penjaminan mutu prodi dan asosiasi LPTK PTMA.

Pada saat itu juga diselenggarakan FGD dan Sharing Session Pengembangan Tata Kelola LPTK PTMA bidang: (a) LPD (Lembaga Penyelenggara Diklat); (b) PPG (Pendidikan Profesi Guru); (b) RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau); (c) MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka); (d) PKM (Program Kreativitas Mahasiswa); (e) PTI (Pengembangan Talenta Inovasi); dan implementasi SPK (Surat Perjanjian Kerja sama)di bidang join riset, PkM, publikasi, HaKI, student mobility, dan pengembangan program-program MBKM lainnya.

Kegiatan rakernas ditutup dengan pementasan kebudayaan wayang kulit dengan dalang cilik nasional sebagai bentuk apresiasi kekayaan budaya bangsa.

Inovasi Kegiatan ALPTK PTMA lainnya dilaksanakan dalam bentuk konferensi tahunan (The Progressive and Fun Education International Conference) yang diterbitkan oleh publisher bereputasi terindeks Scopus dan/atau WoS, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, KKNMuh, joint research, Join Publikasi, Join Reviewers/Editors Jurnal, klinik penyusunan proposal riset, klinik penyusunan proposal PkM, dan inovasi pengembangan program terkini lainnya. Semoga ALPTK PTMA tetap berhikmat, tetap berprestasi, dan senantiasa mampu menghadirkan berbagai inovasi & invensi pendidikan pada era komunikasi-komputasi global. (Brondy/Humas)