You are currently viewing Membanggakan! Mahasiswi PTI UMS Raih Juara 1 Data Competition Intelligo 2023

Membanggakan! Mahasiswi PTI UMS Raih Juara 1 Data Competition Intelligo 2023

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menorehkan prestasi melalui Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Informatika (PTI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dalam Lomba Data Science yang bertajuk ‘Data Competition Intelligo 2023’.

Huda Aisyah Khoirunissa, mahasiswi Prodi PTI UMS, berhasil meraih Juara 1 pada event tersebut, yang dilaksanakan Dalam Jaringan (Daring) dari 29 September – 12 Oktober 2023, dan diikuti 136 peserta dari berbagai kalangan mahasiswa, fresh graduate, serta pelajar di seluruh Indonesia.

“Lomba ini diselenggarakan oleh Intelligo.ID, dengan tiga tahapan lomba. Pertama membuat ‘Model Machine Learning dari Case’, kemudian membuat inovasi dari data yang diperoleh, dan terakhir mempresentasikan inovasi tersebut,” papar Aisyah, mahasiswi angkatan 2020 itu, saat ditemui, Selasa, (31/10).

Persiapannya dalam menghadapi perlombaan tersebut, menurut Aisyah, yaitu mempelajari bagaimana cara penyelesaian masalah (Problem Solving), menyiapkan data (Scraping) untuk membuat model Machine Learning, dan kemampuan Story Telling.

“Support UMS dalam Program Bangkit memberikan jalan kepada saya untuk dapat memperluas networking hingga berkesempatan menjadi juara di bidang data dan machine learning,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, tanpa persetujuan UMS untuk mengikuti Program Bangkit, belum tentu dirinya bisa meraih kesempatan itu.

Pada bagian lain, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMS, Prof., Dr., Sutama, M.Pd., mengungkapkan rasa bangganya karena mahasiswa FKIP kembali mengharumkan nama UMS melalui prestasi-prestasi yang telah diraih.

“Kami dengan bangga mengucapkan selamat kepada Huda Aisyah Khoirunissa mahasiswa PTI FKIP UMS, yang berhasil meraih juara 1 dalam Data Competition Intelligo 2023,” ungkap Sutama.

Prestasi ini, lanjut dia, bukan hanya sebuah pengakuan atas dedikasi dan kerja keras mahasiswa, tetapi juga merupakan bukti nyata kemampuan dan keunggulan akademik yang dimiliki oleh mahasiswa FKIP UMS. Kemenangan ini menunjukkan bahwa pendidikan yang diberikan, mampu menumbuhkan keterampilan serta pemahaman yang diperlukan dalam menghadapi tantangan dunia nyata.

Sutama menyampaikan harapannya bagi institusi kedepannya dan memberikan semangat untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

“Saya berharap kemenangan ini dapat menjadi langkah awal dalam membangun reputasi yang lebih kuat, bagi institusi FKIP UMS dalam dunia kompetisi data dan kecerdasan buatan. Mari kita terus lanjutkan semangat keunggulan ini, untuk meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan,” kata Dekan FKIP UMS itu.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah berkontribusi dalam mencapai kejayaan itu. Semoga kesuksesan ini menjadi motivasi untuk terus berprestasi. (Yusuf/Humas)