You are currently viewing Teguhkan Reputasi Global, UMS Gelar ISETH ke-9 Tahun 2023: Hadirkan 3 Keynote Speaker dengan Beragam Bidang Keahlian

Teguhkan Reputasi Global, UMS Gelar ISETH ke-9 Tahun 2023: Hadirkan 3 Keynote Speaker dengan Beragam Bidang Keahlian

RADARSOLO.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menggelar International Summit on Science, Technology, Humanity (ISETH) ke-9 tahun 2023 pada Selasa-Rabu (5-6/12).

Acara digelar secara blended, offline di Auditorium Moh Djazman Kampus 1 UMS. Serta disiarkan secara langsung melalui TVMu, TV UMS dan Zoom Meeting.

ISETH ke-9 menghadirkan keynote speaker bidang keahlian. Yakni Prof Syed Islam (Federation University, Australia), bidang keahlian energi terbarukan, penerapan tenaga listrik, jaringan pintar.

Kemudian, Kristof Fenyvesi, PhD (University of Jyväskylä, Finlandia), bidang keahlian pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics).

Serta Prof Dr Bambang Setiaji (Kepala Diktilitbang Pengurus Pusat Muhammadiyah), bidang keahlian keuangan Islam.

ISETH ini merupakan wadah untuk peneliti, baik nasional maupun internasional dalam mempublikasikan hasil riset atau penelitian di berbagai disiplin ilmu, agar lebih banyak masyarakat yang dapat mengakses informasinya,” ungkap ketua panitia Agus Ulinuha, Senin (4/12).

Agus menyampaikan, pemakalah dalam seminar ini berasal dari berbagai negara. Seperti Vietnam, Brasil, Hongkong, Jepang, Austria, Australia, Malaysia dan sebagainya.

“Seminar ini merupakan puncak acara dari 14 seminar internasional yang akan dilaksanakan UMS. Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah presentasi dari berbagai belahan dunia untuk bisa menyebarluaskan hasil penelitiannya,” tegas Ketua Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) UMS itu.

Seminar yang diselenggarakan ini, lanjutnya, sudah memiliki kepercayaan di tingkat global.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris ISETH ke-9 Masduki mengungkapkan, target dari ISETH ini adalah 1.000 paper untuk seluruh konferensi yang diselenggarakan UMS.

“Acara ini dapat memberikan kesempatan bagi peneliti untuk bisa masuk ke komunitas bidang mereka. Selain itu, bisa menjadi acuan untuk penelitian lanjutan atau sering disebut sitasi bagi kalangan akademik,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Jurnal LPPI UMS itu.

Sementara itu, Yasir Sidiq turut menuturkan, selain dari peserta yang berasal dari berbagai negara, indikasi ISETH memiliki reputasi di kelas global adalah kerja sama yang dijalin dengan publisher internasional, yang telah memiliki reputasi terindeks Scopus.

“Sehingga tidak hanya selesai pada seminar, naskah kemudian di publikasikan. UMS sudah bekerja sama dengan publisher internasional. Seperti AIP (American Institute of Physics), E3S Web of Conference, Engineering Proceeding-MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute), IEEExplore, dan IOP-EES,” paparnya. (*/ria)

Sumber: https://radarsolo.jawapos.com/pendidikan/843437464/teguhkan-reputasi-global-ums-gelar-iseth-ke-9-tahun-2023-hadirkan-3-keynote-speaker-dengan-beragam-bidang-keahlian