You are currently viewing UMS Gelar ISETH ke-9 Tahun 2023

UMS Gelar ISETH ke-9 Tahun 2023

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Agenda besar yakni International Summit on Science, Technology, Humanity (ISETH) ke-9 Tahun 2023 mulai dilaksanakan pada Selasa dan Rabu, 5-6 Desember 2023 secara blended, offline di Auditorium Moh Djazman Kampus 1 UMS, dan disiarkan secara langsung melalui TVMu, TV UMS dan Zoom Meeting.

Sejumlah tokoh intelektual di bidang masing-masing, akan menjadi keynote speaker, diantaranya, Prof Syed Islam (Federation University, Australia) yang memiliki keahlian di bidang energi terbarukan, penerapan tenaga listrik, jaringan pintar.

Kristof Fenyvesi PhD (University of Jyväskylä, Finlandia). Keahlian di bidang Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics).

Pembicara lain yakni Prof Dr Bambang Setiaji (Kepala Diktilitbang Pengurus Pusat Muhammadiyah) yang memiliki keahlian di Keuangan Islam.

Kehadiran para nara sumber tersebut itu dikemukakan Ketua Panitia, Agus Ulinuha, PhD dalam jumpa pers, Senin, (4/12) dalam agenda persiapan Seminar Internasional tersebut.

“ISETH ini merupakan wadah untuk peneliti baik nasional maupun Internasional dalam mempublikasikan hasil riset atau penelitian di berbagai disiplin ilmu, agar lebih banyak masyarakat yang dapat mengakses informasinya,” jelas Ketua Panitia itu.

Agus menyampaikan, pemakalah dalam seminar ini berasal dari berbagai negara, seperti Vietnam, Brazil, Hongkong, Jepang, Austria, Australia, Malaysia dan sebagainya.

“Seminar ini merupakan puncak acara dari 14 seminar internasional yang akan dilaksanakan oleh UMS. Kegiatan ini sekaligus menjadi wadah presentasi dari berbagai belahan dunia untuk bisa menyebarluaskan hasil penelitiannya,” tegas Agus Ulinuha yang juga sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI) UMS itu.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris ISETH ke-9, Dr Masduki menambahkan, target dari ISETH ini adalah 1.000 paper untuk seluruh peserta konferensi.

“Acara ini dapat memberikan kesempatan bagi peneliti untuk bisa masuk ke komunitas bidang mereka, selain itu bisa menjadi acuan untuk penelitian lanjutan atau sering disebut sitasi bagi kalangan akademik,” terang Kepala Bidang Pengembangan Jurnal LPPI UMS tersebut. **

Sumber: https://solo.suaramerdeka.com/pendidikan/0511094325/ums-gelar-iseth-ke-9-tahun-2023