Tim KKN MAs Desa Cemani Ikuti Pembekalan dengan Antusias

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA, 31 Juli 2024 – sebelum diterjunkan ke masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta, sekaligus sebagai tuan rumah Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah aisyiyah (KKN MAs) pada tahun ini menggelar acara pembekalan secara offline yang berlokasi di gedung Auditorium UMS dan dihadiri seluruh peserta KKN MAs dari 46 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia.
KKN MAs merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari PTMA seluruh Indonesia secara bersama-sama.Tema yang diangkat dari KKN MAs tahun ini adalah “UMKM Unggul Stunting Menurun”.

KKN MAS Tahun 2024 akan disebar ke wilayah Sukoharjo dan Karanganyar. Panitia lokal dari Universitas Muhammadiyah Surakarta telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, “mereka sangat terbuka jika daerahnya digunakan sebagai lokasi KKN”, tutur Prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D.

Harapannya dengan diangkatnya tema tersebut mahasiswa KKN dapat memberikan inovasi kepada masyarakat.

Tim KKN MAS kelompok 45 yang terdiri dari 9 Mahasiswa/i siap diterjunkan ke masyarakat yang ditempatkan pada Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Sukoharjo, Kecamatan Grogol, Desa Cemani.

Pembekalan dilakukan 2 kali pertemuan, yaitu secara online dan offline. Pembekalan offline tersebut telah dilaksanakan pada hari ini tanggal 31 juli 2024 dengan penuh semangat dan antusias. melalui wawancara langsung, Ahmad Faiz Bima Ramadhani dari Universitas Muhammadiyah Lampung ( Ketua Tim KKN MAs Desa Cemani ) mengungkapkan, “merasa begitu senang, dari segi kesiapan panitia dan pesertanya sudah ada persiapan yang cukup baik, dan berdasarkan survei di Desa Cemani ini cukup memuaskan. Dengan adanya kegiatan pembekalan ini menurut saya sangat bermanfaat karena adanya pembekalan kedua ini dapat dilaksanakan secara offline dan dapat melibatkan secara langsung antara panitia dan peserta terutama dengan anggota satu kelompok. “

Setelah pembekalan selesai dilanjutkan dengan diskusi masing-masing anggota kelompok mengenai gagasan atau ide-idenya yang kemudian diputuskan secara musyawarah untuk dijadikan suatu program kerja.Selain program kerja, kita juga sudah membentuk struktur Tim KKN MAs Desa Cemani. Berikut adalah susunan Struktur diantaranya yaitu : Ahmad Faiz Bima Ramadhani (Universitas Muhammadiyah Lampung) Kordes, Adinda Putri Wulandari (Universitas Muhammadiyah Surakarta) Wakordes, Irma Fika Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan) Sekretaris 1, Devi Yunianti (Muhammadiyah ‘Aisyiyah Yogyakarta) Sekretaris 2, Dilawati Adnan (Universitas Muhammadiyah Palu) Bendahara, Muhammad Rizky Ramdhan Rizalu (Universitas Muhammadiyah Bandung) Publikasi, Dekorasi, Dokumentasi, Angger Sukma Ayu (Universitas Ahmad Dahlan) Humas 1, Amelia Oksabila Anggraini (Universitas Muhammadiyah Magelang) Humas 2.