KKNMAs 2024: Sinergi Kampus dan Masyarakat Wujudkan Desa Sejahtera

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Surakarta, 31 Juli 2024 -Telah diselenggarakan kegiatan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN-MAs) 2024 secara offline di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari 46 Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA). Tim KKN Desa Nglegok menjadi salah satu peserta KKNmas 2024 yang telah dibentuk dan terbit SK, terdiri dari 9 mahasiwa/i yang telah siap untuk di terjukan ke lokasi KKN di Provinsi Jawa Tengah Kab. Karang Anyar Kec. Ngargoyoso desa Nglegok.

KKN Mas merupakan kegiatan Kuliah kerja nyata dengan kolaborasi dengan perguruan tinggi muhammadiyah aisyiyah di indonesia.
Tahun ini Universitas Muhammadiyah Srakarta menjadi tuan rumah / panitia pusat KKNMAs tahun 2024 hal ini disampaikan oleh prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D., saat sambutan kegiatan seminar Nasional The 19th URECOL mengutip dari news.ums.ac.id

Pembekalan kali ini mengusung tema besar “UMKM Unggul, Stunting Menurun”. Tema ini dipilih sebagai bentuk kontribusi nyata mahasiswa dalam mengatasi permasalahan sosial yang sedang menjadi perhatian nasional.

Materi pembekalan yang disampaikan meliputi Pengenalan Program KKN-MAs 2024 dan Tema Besar yang Dipaparkan secara detail mengenai tujuan, sasaran, dan mekanisme pelaksanaan program KKN-MAs tahun ini, dengan penekanan pada pentingnya kontribusi mahasiswa dalam mengembangkan UMKM dan mengatasi permasalahan stunting, Memberikan solusi inovatif yaitu Menyusun program kerja yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan UMKM dan menurunkan angka stunting di desa mitra, Membangun kemitraan yang Membangun kerjasama yang baik dengan berbagai pihak terkait, seperti pemerintah desa, pelaku UMKM, dan masyarakat, Menjadi agen perubahan Menjadi agen perubahan di masyarakat dengan menularkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama proses pembelajaran dikampus.

Salsabila fitria E dari program studi Fisioterapi universitas aisyiyh yogyakarta menyampaikan pendapat mengenai materi pembekalan “Saya setuju dengan tema yang diangkat kknmas 2024 yang mana saya dan tim kkn saya akan berusaha memberikan solusi inovatif untuk pengembangan umkm dan menurunkan stunting didesa, membangun kerja sama yg baik dengan pihat terkat, menjadi agen perubahan dan meningkatkan kapasitas diri saya sendiri” ujarnya.

(Tim KKNMAs desa Nglegok)